Syarat & Ketentuan

Syarat dan Ketentuan (“S&K”) ini menetapkan syarat dan ketentuan yang relevan dengan penggunaan layanan dan fitur yang disediakan oleh PT Sahabatmu Solusi Indonesia, sebuah perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia (“SAHABATMU”, atau“Kami”) kepada suatu entitas atau individu yang mengadakan Perjanjian Layanan dengan Kami atau menggunakan Layanan Kami (“Anda”). Kami dan Anda secara bersama-sama akan disebut sebagai “Para Pihak” dan masing-masing disebut “Pihak”.

Dengan menggunakan layanan / jasa dan fitur-fitur Kami, Anda dengan ini setuju untuk menerima dan tunduk pada (i) S&K ini, kecuali jika secara khusus disetujui lain dalam Perjanjian, dan (ii) Kebijakan Privasi Kami yang dapat diakses disini  https://sahabatmu.co.id/kebijakan-privasi/ (“Kebijakan Privasi”)

Kami berhak atas kebijakan tunggal Kami untuk mengamandemen, mengubah atau menambahkan S&K setiap saat dalam jumlah yang tidak terbatas dan tanpa batasan dengan menampilkan versi revisi S&K ini dalam (“S&K Terkini”). Kami akan memberikan pemberitahuan tertulis kepada Anda tentang setiap S&K Terkini, yang mana oleh pemberitahuan tersebut memuat 7 (tujuh) hari kalendar atau jangka waktu lain yang disepakati bersama secara tertulis, kecuali disyaratkan oleh badan pemerintah, pihak berwenang, dan/atau diminta oleh mitra kanal pembayaran Kami untuk melakukan perubahan secara langsung atau dalam jangka waktu yang lebih cepat (“Periode Pemberitahuan“) untuk Anda meninjau dan memberi tahu Kami secara tertulis tentang keberatan apa pun terhadap S&K Terkini. Dalam hal tidak ada keberatan tertulis dari Anda yang Kami terima pada saat berakhirnya Periode Pemberitahuan, S&K Terkini akan berlaku sepenuhnya untuk Anda setelah berakhirnya Periode Pemberitahuan. S&K Terkini akan membatalkan dan menggantikan semua versi sebelumnya.

S&K ini merupakan satu dokumen dengan Perjanjian dan tidak dapat ditafsirkan secara terpisah.

1. DEFINISI DAN INTERPRETASI

  1. Semua istilah dengan huruf kapital yang tidak didefinisikan dalam S&K ini akan memiliki makna yang diberikan padanya dalam Perjanjian dan/atau Kebijakan Privasi.
  2. Istilah-istilah yang dinyatakan dalam bentuk tunggal juga termasuk bentuk jamaknya, dan sebaliknya.
  3. Kecuali secara khusus dinyatakan sebaliknya, referensi ke Klausul di sini harus mengacu pada Klausul yang relevan dalam S&K ini.
  4. Untuk tujuan S&K ini, dan kecuali apabila konteksnya mensyaratkan secara lain:

“Akun” artinya gerbang pengenal yang diterbitkan oleh Sahabatmu kepada Anda atau Pedagang Anda, sebagaimana berlaku, untuk tujuan menggunakan Layanan Sahabatmu; di mana Anda diberikan lebih dari satu Akun, masing-masing Akun tersebut secara bersama-sama dan sendiri-sendiri dianggap sebagai Akun untuk tujuan S&K ini.

“Afiliasi” dalam kaitannya dengan suatu Pihak, berarti: (a) setiap orang lain yang secara langsung atau tidak langsung melalui satu atau lebih perantara, mengendalikan, dikendalikan oleh atau berada di bawah kendali bersama dengan Pihak tersebut; (b) setiap perusahaan yang dikendalikan oleh Pihak (secara langsung atau tidak langsung); dan/atau (c) entitas, pengaturan, atau orang lain yang disetujui oleh Para Pihak secara tertulis dan dengan itikad baik untuk menjadi Afiliasi. Untuk tujuan tersebut, istilah “pengendalian” (termasuk istilah “kendali”, “dikendalikan oleh” dan “di bawah kendali bersama”) berarti kepemilikan, langsung atau tidak langsung, kekuasaan untuk mengarahkan atau menyebabkan arah manajemen dan kebijakan seseorang, baik melalui kepemilikan surat berharga, berdasarkan kontrak atau sebaliknya.

“Perjanjian” artinya perjanjian layanan antara Sahabatmu dengan Anda sehubungan dengan Layanan.

“API” artinya aplikasi pemrograman antarmuka, satu set definisi subrutin, protokol-protokol dan alat-alat  untuk membuat perangkat lunak dan aplikasi antarmuka, yang disediakan oleh Kami dan dapat digunakan oleh Anda untuk mengakses Layanan.

“BHP” atau “Badan Harta Peninggalan” artinya lembaga pemerintah Indonesia yang didirikan dan dijalankan berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia tanggal 19 Juni 1980 Nomor M.01.PR.07.01-80 Tahun 1980 tentang tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Harta Peninggalan, sebagaimana dapat diubah atau ditambah dari waktu ke waktu, sejauh berwenang untuk melakukan tindakan yang dimaksud di sini.

“Layanan Pemrosesan Kartu” artinya:

  1. layanan pemrosesan, yang memungkinkan Anda untuk menerima kartu kredit dan kartu debit sebagai cara pembayaran pada website atau mobile platform dan untuk menerima pembayaran dari pemegang kartu melalui cara pembayaran tersebut, dan yang termasuk, antara lain, penyediaan suatu akun merchant yang disponsori bank, alat perlindungan penipuan, fungsi penagihan yang berulang, penyimpanan kartu pembayaran, penerimaan valuta asing, white glove customer support, dan perangkat lunak lain yang diperlukan, API-API, layanan dan teknologi yang dijelaskan dalam Dokumentasi; dan
  2. layanan gateway, yang melengkapi Anda dengan perangkat lunak dan konektivitas yang disyaratkan untuk memungkinkan transmisi data real-time yang aman untuk pemrosesan pembayaran kartu kredit dan debit pada suatu website atau mobile platform.

“Tagihan” artinya suatu instruksi kredit atau debit untuk mengambil dana dari suatu rekening yang dimiliki Pemegang Kartu dengan suatu bank atau institusi keuangan lain sehubungan dengan suatu transaksi antara Pemegang Kartu  dan Anda.

“Tagihan Balik” artinya keberatan yang diajukan oleh Pengguna Akhir atau Pemegang Kartu sehubungan dengan pembayaran yang dilakukan kepada Anda, termasuk pembayaran yang ditentukan oleh Kami, bank yang mengakuisisi, atau jaringan pembayaran yang dianggap sebagai transaksi penipuan.

“Penerimaan” artinya tindakan yang dilakukan oleh Kami atas nama Anda yang memungkinkan Anda menerima pembayaran(-pembayaran) dari Pengguna Akhir, melalui Rekening Virtual, Layanan Pemrosesan Kartu, Toko Ritel (contoh: Alfamart), Dompet Elektronik (contoh: OVO, Shopeepay, LinkAja, Dana, Sakuku), Direct Debit dan via API.

“Pemegang Kartu” artinya subject hukum yang memegang kartu debit atau kartu kredit yang diterbitkan oleh institusi Bank atau institusi keuangan lainnya.

“Dokumentasi” artinya informasi teknis dan lainnya mengenai setiap Layanan, yang informasinya dapat diakses di halaman web Kami

“Fitur Early Settlement” adalah fitur tambahan yang disediakan Kami (tunduk kepada diskresi mutlak kami) yang dapat mengizinkan Anda untuk menyelesaikan transaksi Anda lebih awal dari waktu penyelesaian normal pada kanal-kanal kami (sebagaimana disebutkan dalam Dokumentasi) dengan membayar biaya tambahan dan sebagaimana diatur oleh ketentuan S&K ini.

“Pengguna Akhir” artinya setiap orang atau entitas yang membeli atau menggunakan layanan atau produk Anda atau Pedagang Anda.

“Informasi Rahasia” artinya setiap data atau informasi, secara lisan atau tertulis, yang dianggap sebagai rahasia yang berhubungan dengan salah satu Pihak (atau Afiliasinya atau jika salah satu Pihak terikat untuk melindungi kerahasiaan dari informasi milik pihak ketiga, maka data atau informasi yang dimaksud merupakan milik pihak ketiga tersebut) riset atau kegiatan pengembangan  termasuk produk dan jasa yang tidak diumumkan, setiap informasi terkait dengan pengembangan, Dokumentasi (dalam bentuk atau media apapun yang disediakan), penemuan, proses, rencana, informasi finansial atau informasi uji tuntas, data pribadi dan informasi Pengguna Akhir yang dapat diidentifikasi, persyaratan keuangan dari Perjanjian yang ada di masa lalu, sekarang, atau masa depan, dan struktur perusahaan dan pemegang saham dari masing-masing Pihak, dan informasi lainnya yang secara wajar harus diakui sebagai informasi rahasia Pihak Pengungkap. Terlepas dari ketentuan di atas, informasi tidak boleh dianggap sebagai Informasi Rahasia jika: (i) telah diketahui pihak yang menerima sebelum Tanggal Berlaku dari Perjanjian, sebagaimana yang ditetapkan oleh bukti yang terdokumentasi; (ii) sedang atau telah memasuki ruang publik tanpa melalui pelanggaran atas Perjanjian atau tindakan tanpa hak lain dari pihak yang menerima; (iii) telah diterima dengan sah oleh pihak yang menerima dari pihak ketiga dan tanpa melanggar kewajiban dari kerahasiaan atas pihak ketiga tersebut kepada pemilik Informasi Rahasia (iv) telah disetujui untuk diumumkan melalui pemberian otorisasi secara  tertulis dari pemilik Informasi Rahasia; atau, (v) telah dikembangkan secara independen oleh suatu pihak tanpa akses terhadap atau kegunaan atas Informasi Rahasia pihak lain.

“Dashboard” artinya platform berbasis web yang disediakan dan dikelola oleh Kami untuk pemegang Akun, di mana pemegang Akun dapat mengelola penggunaan Layanannya.

“Rekening Tujuan” artinya suatu rekening yang ditentukan oleh Anda yang ke dalamnya, atas instruksi Anda yang dibuat sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Kami, dana akan dikirimkan oleh Kami.

“Direct Debit” artinya pembayaran debit langsung dari rekening bank Pengguna Akhir melalui penautan akses perbankan dalam jaringan  atau kartu debit satu kali.

“Pengiriman Dana” artinya tindakan yang dilakukan oleh Kami atas nama Anda melalui transfer bank, yang menyebabkan perpindahan dana dari suatu Rekening Dana Talangan ke Rekening Tujuan melalui API atau dengan cara unggah secara manual.

“IDR“, “Rupiah” atau “Rp.” artinya mata uang yang sah untuk saat ini di Indonesia.

“Layanan Pesan Instan” artinya Whatsapp Messenger, aplikasi layanan pesan instan yang dibuat, dimiliki dan dikelola oleh Whatsapp Inc., dan/atau layanan pesan instan lainnya yang Kami gunakan untuk berkomunikasi dengan Anda, Pedagang Anda, dan/atau Pengguna Akhir.

“Dana Talangan” artinya setiap penambahan atas saldo dalam Rekening Dana Talangan.

“Rekening(-Rekening) Dana Talangan” artinya rekening(-rekening) bank yang dibuat dan dikelola pada setiap Bank yang ditunjuk oleh Kami dimana ditunjuk untuk tujuan menyimpan saldo dana Anda untuk dan selama Anda menggunakan Layanan.

“Pembayaran QR” artinya instrumen pembayaran yang menggunakan kode QR yang diberikan kepada Pengguna Akhir untuk memindai dan mengkonfirmasi pembayaran.

“Pengembalian Dana” artinya suatu instruksi yang diinisiasikan oleh Anda untuk mengembalikan dana ke Pengguna Akhir untuk Tagihan atau pembayaran melalui kanal pembayaran lainnya yang ada.

“Pembalikan Dana” artinya suatu instruksi yang diinisiasikan oleh setiap bank, usaha layanan keuangan, jaringan pembayaran, atau lembaga intermediasi keuangan lain atau mitra kanal / jaringan pembayaran lainnya, atau Kami untuk mengembalikan dana untuk suatu Tagihan atau pembayaran yang ada. Pengembalian dapat terjadi karena (i) tidak berlakunya suatu tagihan oleh suatu bank, usaha layanan keuangan, jaringan pembayaran, atau lembaga intermediasi keuangan lain atau mitra kanal / jaringan pembayaran lainnya; (ii) penyelesaian dana terhadap Anda karena adanya kesalahan atau tidak adanya otorisasi; (iii) pengajuan atas suatu Tagihan atau pembayaran yang melanggar Aturan Jaringan atau aturan lainnya yang ditetapkan oleh mitra kanal / jaringan pembayaran lainnya, atau (iv) dimana pengajuan Tagihan atau penggunaan Layanan Pemrosesan Kartu atau kanal pembayaran lainnya oleh Anda yang melanggar S&K ini atau Perjanjian.

“Transaksi” artinya pembelian barang dan jasa dari Anda dan/atau Pedagang Anda, sebagaimana berlaku, oleh Pengguna Akhir.

“Informasi Pengguna” artinya setiap informasi, data, dan/atau dokumen yang diwajibkan oleh Kami, mitra(-mitra) kanal pembayaran, hukum dan peraturan perundang-undangan, dan pihak yang berwajib untuk melaksanakan Layanan dan/atau untuk mematuhi peraturan yang berlaku

“Rekening Virtual” artinya suatu rekening bank sementara yang dibuat oleh Kami untuk menerima dana yang ditujukan bagi Anda.

“Fitur xenPlatform” artinya layanan perangkat lunak yang disediakan oleh Kami (sesuai dengan kebijaksanaan mutlak Kami) yang memungkinkan Anda untuk menggunakan Akun Platform dan membuat/mengelola Akun Mitra dan sebagaimana dijelaskan lebih lanjut dalam Dokumentasi.

“Pedagang Anda” (dapat didefinisikan sebagai “Pedagang Pihak Kedua” dalam Perjanjian) berarti pihak ketiga lainnya yang menawarkan barang dan/atau layanan yang Anda izinkan secara sah untuk menggunakan Layanan dengan cara memberikan Akun Mitra atau sebaliknya.

2. BIAYA LAYANAN, AKUN DAN SALDO DASHBOARD

  1. Anda wajib membayar kepada Kami biaya atas Layanan yang ditentukan dalam Perjanjian, atau apabila berlaku, harga yang dipublikasikan dalam website kami. Apabila Anda menggunakan Layanan lain tanpa ada perjanjian atau negosiasi terlebih dahulu dengan Kami, maka biaya dan tagihan yang berlaku dan dapat dibayarkan adalah yang ditentukan dalam daftar harga di https://sahabatmu.co.id/ yang dimasukkan ke dalam dokumen ini melalui rujukan ini.
  2. Tanpa mengesampingkan segala ketentuan lain dalam S&K ini atau dalam Perjanjian, Kami berhak memperbaharui harga Kami pada saat apapun dengan mengirimkan pemberitahuan kepada Anda sebelum perubahan harga tersebut berlaku efektif.
  3. Kami berhak untuk segera melakukan pemotongan langsung sejumlah segala pengeluaran, biaya atau beban yang terhutang oleh Anda kepada Kami (termasuk Kerugian yang Kami derita sebagai akibat dari tindakan atau tidak adanya tindakan dari Anda, dan segala pertanggungjawaban lain sesuai dengan Perjanjian atau S&K ini), dari jumlah apapun yang mungkin sedang Kami pegang atas nama Anda.
  4. Untuk menghindari keraguan, apabila pada saat apapun nilai tanggungjawab Anda kepada Kami lebih besar daripada jumlah yang mungkin sedang Kami pegang atas nama Anda, saldo Akun Anda dapat tampil negatif. Segera setelah saldo Akun Anda menjadi positif sebagai akibat dari pengisian saldo atau kegiatan penerimaan uang, Kami berhak memotong saldo yang tersedia untuk melunasi pembayaran yang jatuh tempo dan harus dibayarkan dari Anda sesuai dengan Perjanjian dan/atau S&K ini.
  5. Dalam hal Anda memiliki lebih dari satu Akun dengan Sahabatmu, Anda mengakui bahwa, selain segala Perjanjian yang mungkin telah Anda tandatangani untuk setiap dan semua Akun tersebut, penggunaan Anda atas masing-masing Akun tersebut tunduk pada S&K ini dan hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang diatur dalam S&K ini berlaku secara keseluruhan dan masing-masing dan dapat diberlakukan terhadap masing-masing Akun tersebut. Anda sepakat bahwa, kecuali disepakati lain secara tertulis oleh kedua belah Pihak, dalam hal ada pelanggaran Perjanjian atau S&K atau terjadinya suatu Kondisi Yang Mengancam sehubungan dengan suatu Akun, Kami dapat, apabila Kami anggap perlu secara wajar untuk melindungi hak dan kepentingan Kami, melaksanakan hak-hak Kami terhadap segala Akun lain yang Anda miliki. Untuk menghindari keraguan, hak-hak ini termasuk namun tidak terbatas pada hak untuk memotong saldo Akun lain yang Anda miliki untuk membayar tagihan-tagihan yang belum dibayarkan sesuai dengan Pasal 2 ini dan hak untuk menangguhkan atau mengakhiri Akun lain apapun yang Anda miliki dalam hal suatu Kondisi Yang Mengancam.
  6. Anda harus menarik dana yang tidak digunakan dari saldo Dashboard dalam hal Dashboard tidak aktif selama lebih dari 30 (tiga puluh) hari kerja.
  7. Aktivasi Instan: Ketika Anda melakukan aktivasi instan atas suatu Akun melalui website kami, Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda hanya akan dapat menikmati Layanan Pengiriman Uang dan Penarikan setelah Anda berhasil lolos penilaian paska-aktivasi kami dan/atau penilaian dan uji tuntas Kenali Pelanggan Anda (KYC) dari mitra-mitra Kami. Selama proses penilaian ini, apabila Kami secara wajar mencurigai bahwa usaha atau Transaksi Anda terasosiasi dengan kegiatan yang bersifat penipuan atau dengan cara lain melanggar hukum, atau bahwa Anda melanggar segala ketentuan S&K ini atau Perjanjian, kami dapat melakukan pembatasan atau limitasi tertentu untuk mencegah kerugian atau memitigasi risiko, contohnya penangguhan atau pengakhiran Akun. Apabila Anda tidak dapat membuktikan keabsahan usaha atau Transaksi Anda atau memperbaiki pelanggaran tersebut, Anda dengan ini sepakat bahwa Sahabatmu diberikan kewenangan untuk mengalihkan semua dana dalam Akun Anda ke BHP sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
  8. Ketersediaan Kanal Pembayaran dan Layanan Tambahan: Anda dapat menggunakan Layanan dan/atau kanal pembayaran Kami lainnya yang tidak tercakup dalam Perjanjian, dengan tunduk pada: (i) metode dan proses aktivasi yang berlaku dari kanal pembayaran yang relevan, dan (ii) kecuali jika disetujui sebaliknya secara tertulis oleh Para Pihak, biaya Layanan Kami yang dipublikasikan.
  9. Akun Dormant: Jika Akun Anda tidak memiliki transaksi dalam waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender setelah tanggal go-live atau tanggal transaksi terakhir Anda (“Dormant”), Kami dapat menganggap Akun tersebut Dormant, dan Kami akan mengirimkan pemberitahuan kepada Anda untuk menginformasikan bahwa Akun Anda telah dianggap Dormant. Dengan Akun Dormant, segala Layanan Penerimaan dan Pengiriman Dana akan dinonaktifkan. Untuk mengaktifkan kembali Akun Anda agar dapat menggunakan Layanan Penerimaan dan Pengiriman Dana setelah Akun ditetapkan Dormant, Anda akan diminta untuk mengirimkan kembali beberapa informasi dan/atau dokumen kepada Kami untuk melakukan uji tuntas pelanggan yang diwajibkan oleh undang-undang yang berlaku.
  10. Penghentian Penggunaan: Apabila Akun Anda Tidak Aktif selama 12 (dua belas) bulan berturut-turut, kami dapat menganggap Akun telah berhenti digunakan dan Kami berhak untuk mengakhiri Akun tersebut. Dalam hal terdapat sisa saldo dalam Akun tersebut yang mana tanpa adanya suatu aktivitas transaksi apapun, dan Kami tidak menerima instruksi dari Anda untuk penerusan atau pengembalian dana tersebut, Kami berhak untuk dan Anda dengan ini memberikan kuasa kepada Kami untuk mentransfer dana tersebut ke BHP, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kami akan mencoba mengirimkan pemberitahuan tertulis ke email atau alamat fisik Anda yang terakhir terdaftar di sistem Kami. Anda setuju bahwa setelah kami mentransfer dana ke BHP sesuai dengan Klausul ini, Kami tidak lagi bertanggung jawab atas dana tersebut dan Anda akan terlibat langsung dengan BHP untuk mengklaim dana tersebut. Kita dapat membantu untuk memberikan dokumentasi kepemilikan, transfer data dan tanggal, dan informasi atau data apa pun yang relevan, untuk Anda atau penerus / ahli waris (dalam hal Anda adalah perseorangan) untuk tujuan klaim dana tersebut dari BHP. Anda memahami dan menerima bahwa BHP memiliki kebijakan tunggal apakah akan melepaskan dana yang dapat diklaim oleh Anda, dan Anda akan membebaskan Sahabatmu dari kesulitan atau kegagalan dalam mengklaim dana tersebut.

3. LAYANAN PENGIRIMAN DANA

  1. Instruksi untuk melakukan Pengiriman Dana (“Instruksi Pengiriman Dana”) hanya dapat diberikan kepada Kami melalui API atau dengan cara pengunggahan secara manual pada Dashboard.
  2. Suatu Instruksi Pengiriman Dana yang diajukan kepada Kami bersifat final dan tidak dapat ditarik kembali setelah disampaikan. Penyampaian dianggap telah dilakukan pada saat:
    1. Apabila dikirimkan melalui kunci API Anda, pada saat Anda mengirimkan (post) permintaan untuk membuat Pengiriman Dana melalui API; atau
    2. Apabila dikirimkan melalui pengunggahan manual kepada Dashboard, pada saat dokumen .XLSX (atau format lain apapun yang dapat diterima oleh Kami) yang memuat Instruksi Pengiriman Dana tersebut yang Anda unggah ke Dashboard telah disetujui (approve) oleh Anda.Kami tidak diwajibkan melayani permintaan Anda untuk membalikkan suatu Instruksi Pengiriman Dana yang telah disampaikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini, namun apabila Kami layani, Kami dapat mengenakan biaya tertentu. Anda dapat menarik kembali permintaan pembalikkan tersebut apabila Anda tidak setuju untuk membayar biaya tersebut.
  3. Dengan tunduk pada Pasal 2 dan Pasal 3 S&K ini, Kami akan melaksanakan Instruksi Pengiriman Dana yang sah yang disampaikan selama jam perbankan normal pada hari yang sama, dan suatu Instruksi Pengiriman Dana yang sah yang disampaikan di luar jam perbankan normal pada hari kerja berikutnya, dengan selalu tunduk pada downtime dan/atau gangguan dari Bank yang bersangkutan.
  4. Kami dianggap telah memenuhi kewajiban Kami untuk melaksanakan Pengiriman Uang ketika status Pengiriman Uang tampil sebagai “completed/Sukses”, sebagaimana dimaksud dalam Dokumentasi.
  5. Anda mengakui dan menerima bahwa Kami (dan/atau Afiliasi Kami, sebagaimana berlaku) tidak bertanggungjawab atas Kerugian apapun yang Anda derita sehubungan dengan segala kesalahan, kegagalan, keterlambatan, kerusakan, penundaan, atau peristiwa apapun yang mempengaruhi pemrosesan akhir dari segala Pengiriman Uang oleh Bank di mana Rekening Dana Talangan dan Rekening Tujuan dibuat, diadministrasikan, dan dipelihara.
  6. Dengan ini Anda menerima dan menyetujui bahwa Anda bertanggung jawab untuk sepenuhnya membaca referensi API dan menguji integrasinya secara keseluruhan sebelum memproses Pengiriman Dana secara live menggunakan API Sahabatmu. Anda mengakui bahwa Kami telah menyediakan idempotensi dalam API Pengiriman Dana Kami agar Anda dapat mencoba ulang permintaan-permintaan secara aman tanpa secara tidak sengaja melakukan operasi yang sama dua kali. Anda bertanggungjawab untuk mengimplementasikan idempotensi dalam permintaan Pengiriman Dana Anda untuk mencegah kerugian sebagai akibat dari percobaan ulang yang tidak aman. Dengan ini Anda setuju bahwa Anda sendiri bertanggungjawab atas seluruh Kerugian yang dapat Anda derita sebagai akibat dari tidak dilakukannya permintaan-permintaan yang beridempotensi.
  7. Anda dengan ini setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan Bank(-Bank) dan mitra pembayaran lain yang bersama dengannya Kami menyediakan Layanan, yang dimasukkan ke dalam S&K ini melalui rujukan ini.

4. LAYANAN PENERIMAAN

A. Umum

Setiap Penerimaan yang dilakukan atau yang akan dilakukan oleh Kami atas nama Anda selalu tunduk kepada ketentuan berikut ini:

  1. Anda dengan ini setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan dari Bank(-bank) atau mitra pembayaran yang ditunjuk yang mana kami menyediakan Layanan (termasuk, namun tidak terbatas pada, batasan atau perubahan pada jam atas setiap kanal pembayaran oleh Bank atau mitra pembayaran yang ditunjuk, serta mekanisme dan tata cara Tagihan Balik, Pembalikan Dana, dan/atau Pengembalian Dana) dan semua persyaratan dan ketentuan tersebut menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan S&K ini berdasarkan referensi ini.
  2. Suatu Penerimaan akan dianggap dilaksanakan ketika dana yang ditentukan dalam satu faktur yang diterbitkan oleh Anda berhasil ditransfer oleh Pengguna Akhir ke rekening bank yang ditunjuk yang ditentukan dalam faktur tersebut.
  3. Dimana pembayaran yang akan datang dari Pengguna akhir dibuat dengan salah, baik itu atas (i) pembayaran dengan jumlah yang salah yang tidak sesuai dengan jumlah yang dibebankan dalam tagihan yang dikirim ke dan ditujukan untuk Pengguna Akhir tersebut, (ii) pembayaran dana ke tujuan yang salah, atau (iii) kegagalan untuk menyelesaikan transaksi kartu kredit dan / atau debit, maka Anda berhak untuk melakukan peninjauan kembali atas suatu transaksi dengan melakukan pemberitahuan kepada Kami, melalui Layanan Pesan Instan atau metode tertulis lainnya. Kami dapat menanggapi pemberitahuan tersebut (a) paling lambat pukul 23.59 pada hari kerja berikutnya dalam hal pemberitahuan tersebut dilakukan sebelum pukul 17.00 pada hari kerja atau (b) dalam dua (2) hari kerja setelah pemberitahuan tersebut dibuat dalam hal pemberitahuan tersebut dibuat setelah pukul 17.00 pada hari kerja atau pada hari libur.
  4. Tunduk pada Klausul 4.6, seluruh pembayaran yang diterima oleh Kami atas nama Anda sebagai hasil dari pelaksanaan Kami atas seluruh Penerimaan, akan ditambahkan ke saldo Dashboard Anda sesuai dengan waktu penyelesaian yang ditentukan dalam Dokumentasi.
  5. Khusus untuk Penerimaan dengan model switcher, ketentuan di bawah ini akan berlaku:
    1. Anda harus mengadakan perjanjian kerjasama dengan bank mitra pilihan Anda sebelum menggunakan layanan switching Kami.
    2. Anda harus memberikan salinan resmi dari perjanjian kerjasama yang ditandatangani dengan bank mitra pilihan Anda kepada Kami atas permintaan Kami.
    3. Jika Anda menggunakan Leased Line, setiap biaya pemasangan dan/atau biaya berlangganan sehubungan dengan tautan komunikasi apa pun yang dipasang antara situs web Anda dan sistem Kami akan ditanggung sendiri oleh Anda.
    4. Para Pihak sepakat bahwa rekonsiliasi setiap data transaksi untuk bulan sebelumnya harus dilakukan selambat-lambatnya tanggal 10 setiap bulannya.
  6. Dalam hal Kami secara wajar menduga bahwa satu atau lebih Transaksi berpotensi atau mungkin merupakan transaksi ilegal, tidak sah, curang, atau merupakan pelanggaran Perjanjian atau S&K ini, atau di mana Kami diharuskan melakukannya oleh mitra saluran pembayaran Kami dan/atau lembaga pemerintah atau otoritas yudisial terkait, Kami dapat menolak untuk memproses, menangguhkan dan/atau menunda penyelesaian Transaksi, memberikan batasan tertentu, menetapkan syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk dapat dilakukannya suatu Transaksi dan/atau Akun, dan memerlukan dokumentasi atau bukti pendukung tertentu dari Anda dan membagikan informasi terkait Transaksi dengan mitra saluran pembayaran, lembaga pemerintah, atau otoritas kehakiman atau lembaga penegak hukum tersebut untuk sejauh yang diperlukan untuk memverifikasi legalitas dan/atau menilai risiko yang terkait dengan Transaksi. Anda setuju dan berjanji untuk menyediakan kepada Kami semua informasi dan dokumen yang relevan dalam waktu tujuh (7) hari kalender sejak tanggal permintaan Kami. Selanjutnya Anda menyetujui untuk membantu Kami, dan tidak akan menghalangi, mengganggu, atau menghambat Kami, dalam memperoleh informasi dan dokumen tersebut. Anda memahami dan menyetujui bahwa pengungkapan Anda atas dokumentasi atau informasi yang diminta dalam jangka waktu yang ditentukan – atau, jika tidak ditentukan, dalam jangka waktu yang wajar – dapat mempengaruhi Kami, mitra kanal pembayaran, dan/atau lembaga pemerintah atau otoritas peradilan atau lembaga penegak hukum yang relevan dan/atau Kami, terhadap keputusan apakah Transaksi dapat dilanjutkan. Konsekuensi dari keputusan tersebut akan menjadi tanggung jawab Anda sendiri.
  7. Kami menjamin bahwa, tunduk pada S&K 4.1, semua dana yang diterima oleh Kami dan/atau salah satu dari Afiliasinya atas nama Anda diadakan untuk kepentingan tunggal Anda, dan bahwa, kecuali untuk pengeluaran, biaya, ongkos atau tagihan yang harus dibayar oleh Anda kepada Kami sesuai dengan Lampiran Harga, Perjanjian atau S&K ini atau Kerugian yang sah secara hukum timbul bagi Kami sebagai akibat tindakan atau kelalaian dari Anda, Kami tidak memiliki hak atas segala dana yang diterima atas nama Anda.
  8. Jika Anda menyediakan pembayaran token atau fitur auto-debit untuk e-wallet dan Direct Debit (yaitu fitur yang memungkinkan Transaksi e-wallet dan Direct Debit di masa mendatang dibebankan pada tanggal yang telah ditentukan sebelumnya atau langsung saat dimulai oleh Pengguna Akhir) untuk Pengguna Akhir Anda, Anda bertanggung jawab untuk mendapatkan persetujuan yang sesuai dari Pengguna Akhir Anda untuk transaksi di masa mendatang yang diproses menggunakan pembayaran token atau fitur auto-debit. Anda harus menyimpan bukti persetujuan Pengguna Akhir dan memberikan bukti tersebut kepada Kami atas permintaan Kami. Anda dengan ini setuju untuk melepaskan, membebaskan, dan mengganti kerugian Kami dan/atau mitra kanal pembayaran yang relevan dari segala klaim (termasuk klaim pihak ketiga), tuntutan, kerugian, atau kewajiban lain apa pun jika Pengguna Akhir atau pihak ketiga mana pun menantang atau berselisih Transaksi yang Kami proses melalui fitur token atau auto-debit atau karena kegagalan Anda untuk memberikan bukti persetujuan Pengguna Akhir kepada Kami atas permintaan Kami.
  9. Anda memahami dan menyetujui bahwa setiap Bank atau mitra penyedia saluran pembayaran dapat menentukan sendiri aturan, mekanisme, dan prosedur Tagihan Balik, Pembalikan Dana, dan/atau Pengembalian Dana. Anda bertanggung jawab kepada Kami terhadap semua Tagihan Balik, Pengembalian Dana, Pembalikan Dana, secara seketika terlepas dari alasan atau temponya. Dalam Metode Agregator, setelah Kami menerima pemberitahuan bahwa Tagihan Balik, Pengembalian Dana, atau Pembalikan Dana telah diajukan/disampaikan, Kami dapat menahan dana di Akun Anda dan mengurangi saldo Anda yang menjadi subjek dari Tagihan Balik, Pengembalian Dana, atau Pembalikan Dana atau sebaliknya dalam jumlah yang sama dengannya. Apabila Anda memenangkan sengketa Tagihan Balik, kami akan mengakhiri pembekuan tersebut. Apabila Pengembalian Dana atau Pembalikan Dana dimintakan oleh Pengguna Akhir, atau Anda menyerah atau kalah dalam suatu sengketa Tagihan Balik, Pengguna Akhir akan diberikan pengembalian dana dalam jumlah yang sama dengan Tagihan awalnya, dan jumlah yang sama akan Kami potong segera setelah pengembalian dana tersebut dilakukan, dari saldo Rekening Dana Talangan dan Dashboard Anda, dengan ketentuan bahwa kegagalan atau penundaan apapun dalam pemotongan tersebut tidak dapat diartikan atau dianggap sebagai pengesampingan terhadap salah satu atau segala hak Kami atas nilai tersebut. Jika saldo dalam Rekening Dana kurang dari jumlah nilai Tagihan Balik, Pengembalian Dana atau Pembalikan Dana, Kami akan menerbitkan pemberitahuan tertulis kepada Anda untuk melakukan pembayaran kembali atas segala biaya yang timbul sehubungan dengan Tagihan Balik, Pengembalian Dana atau Pembalikan Dana tersebut, dan Anda akan melakukan penggantian tersebut dalam waktu tujuh (7) hari kalender sejak diterimanya pemberitahuan tersebut. Anda mengakui dan menyetujui untuk menanggung segala Kerugian yang timbul (baik secara langsung atau tidak langsung) sehubungan dengan setiap Tagihan Balik, Pengembalian Dana atau Pembalikan Dana dan akan mengganti kerugian Kami sepenuhnya sehubungan dengan hal tersebut termasuk namun tidak terbatas pada biaya pemrosesan yang telah dibayarkan kepada Kami untuk setiap transaksi.
  10. Terlepas suatu transaksi berhasil diotorisasi, Kami tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atas segala Kerugian yang diderita (baik secara langsung atau tidak langsung) sehubungan dengan Tagihan yang diotorisasi dan diselesaikan yang dapat di kemudian hari menjadi subyek Tagihan Balik, Pengembalian Dana, atau Pembalikan Dana yang diajukan tanpa otorisasi atau dengan kesalahan, atau yang dianggap melanggar undang-undang, aturan atau peraturan apa pun, atau S&K ini atau Perjanjian.
  11. Anda akan menggunakan Layanan Kami hanya untuk transaksi yang terjadi di atau dari situs(-situs) dan/atau aplikasi(-aplikasi) yang Anda daftarkan kepada Kami. Kami tidak berkewajiban untuk menyediakan Layanan untuk, dapat menolak untuk memproses, dan/atau memutuskan untuk melakukan Pembalikan Dana atas, pembayaran apa pun untuk transaksi, atau upaya apa pun untuk itu, yang dialihkan dari situs web pihak ketiga, aplikasi-aplikasi, atau situs lain mana pun yang tidak didaftarkan oleh Anda di sistem Kami. Konsekuensi dari setiap keputusan tersebut akan menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

B. Fitur Early Settlement

Klausul 4(B) ini hanya berlaku apabila Anda menggunakan Fitur Early Settlement. Kecuali jika disetujui sebaliknya secara tertulis, apabila Anda menggunakan Fitur Early Settlement.

  1. Anda berhak menikmati akses lebih cepat terhadap dana yang merupakan hak Anda dari transaksi-transaksi yang telah diselesaikan untuk Anda namun belum diterima dari mitra kanal pembayaran sebagaimana disebutkan dalam Perjanjian, hingga berakhirnya jangka waktu Early Settlement yang disebutkan dalam Perjanjian (“Jangka Waktu ES”) dengan membayar suatu biaya tambahan yang disebutkan dalam Perjanjian (“Biaya ES”).
  2. Anda dapat meminta Early Settlement untuk suatu jumlah tertentu dalam Dashboard Anda (“Jumlah ES”). Apabila kami menyetujui permohonan Anda, kami akan segera mencairkan dana sejumlah Jumlah ES ke Dashboard Anda. Anda dengan ini sepakat bahwa keputusan untuk menyetujui permintaan Early Settlement adalah kebijakan kami sendiri yang absolut. Kecuali ditentukan lain dalam Dokumentasi, jangka waktu penyelesaian untuk transaksi yang menggunakan fitur Early Settlement adalah T+0.
  3. Setelah anda meminta Early Settlement atas suatu Jumlah ES, Anda sepakat bahwa dianggap melepaskan hak Anda atas Jumlah ES yang akan diselesaikan oleh mitra kanal pembayaran terkait sesuai dengan prosedur penyelesaian mitra tersebut, dan bahwa kami menjadi berhak menerima jumlah tersebut untuk dilunasi dengan cara perjumpaan hutang (set off) terhadap Jumlah ES yang seharusnya diberikan kepada Anda (“Pembayaran ES”).
  4. Jumlah agregat transaksi Early Settlement berjalan yang berlaku pada Anda (yaitu, transaksi yang sudah diselesaikan lebih cepat oleh Kami, namun belum diselesaikan/dibayar kembali oleh mitra kanal pembayaran kami) tidak dapat melebihi batas maksimum Early Settlement yang disebutkan dalam Perjanjian (“Batas Maksimum ES”). Pembayaran ES akan memulihkan bagian dari Batas Maksimum ES (dengan memperhitungkan segala jumlah di atasnya yang telah diselesaikan lebih awal) yang telah terpakai dalam jumlah yang sama, paling lambat 1 (satu) hari kerja setelahnya. Anda mengakui dan menerima bahwa Kami dapat menolak untuk melakukan penyelesaian lebih awal atas transaksi yang, apabila diselesaikan lebih awal, akan menyebabkan Anda untuk melewati Batas Maksimum ES (yang mana dalam keadaan tersebut, transaksi Anda akan diproses dan diselesaikan secara normal, tanpa menggunakan Fitur Early Settlement).
  5. Anda memahami dan menyepakati bahwa ketika Jangka Waktu ES berakhir atau Batas Maksimum ES tercapai, kami dapat memutuskan berdasarkan kebijakan kami sendiri yang absolut untuk melanjutkan atau tidak melanjutkan pemberian Early Settlement untuk segala transaksi berikutnya. Untuk menghindari keraguan, dilanjutkannya pemberian Early Settlement oleh kami terhadap segala transaksi setelah Jangka Waktu ES atau melebihi Batas Maksimum ES tidak akan dianggap sebagai komitmen atau kewajiban bagi kami untuk terus memberikan Early Settlement bagi segala transaksi(-transaksi) berikutnya.
  6. Dalam hal mitra pembayaran yang bersangkutan menolak menyelesaikan jumlah transaksi untuk alasan apapun, Anda setuju bahwa Anda akan seketika bertanggungjawab untuk mengembalikan Jumlah ES kepada kami dalam waktu 5 (lima) hari kerja setelah diminta oleh kami untuk melunasi Pembayaran ES, dan selanjutnya, Anda dengan ini memberikan kepada kami kuasa khusus untuk, pada saat apapun setelah pemberitahuan pertama dari mitra kanal pembayaran bahwa mitra tersebut mungkin tidak akan menyelesaikan jumlah transaksi, untuk memotong saldo Dashboard Anda suatu jumlah yang sama dengan Pembayaran ES yang seharusnya diterima oleh kami.
  7. Dalam hal kami menemukan atau memiliki alasan yang wajar untuk mencurigai bahwa suatu transaksi yang akan atau diselesaikan lebih awal berdasarkan Perjanjian Variasi ini bersifat penipuan atau dengan cara lain melanggar Perjanjian Layanan, S&K, dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, kami berhak menolak permintaan Early Settlement untuk transaksi tersebut atau melaksanakan tindakan pencegahan dan mitigasi yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada meminta Anda mengembalikan Jumlah ES atas transaksi-transaksi tersebut kepada kami atau menahan bagian tertentu dari saldo Akun Anda sebesar Jumlah ES yang bersangkutan dengan pemberitahuan kepada Anda.
  8. Anda memahami dan setuju bahwa segala Pengembalian Dana (sebagaimana dimaksud dalam S&K) tidak akan mempengaruhi pengoperasian ketentuan Early Settlement dalam Ketentuan Layanan ini dan akan ditangani oleh Anda secara terpisah.
  9. Apabila Anda memanfaatkan fitur Early Settlement untuk lebih dari satu saluran pembayaran, Anda akan tunduk pada Jangka Waktu ES, Batas Maksimum ES, Biaya ES, dan metode penagihan yang berlaku untuk masing-masing saluran pembayaran tersebut sebagaimana diatur dalam Perjanjian

7. FITUR XENPLATFORM

Kecuali jika disetujui sebaliknya secara tertulis, bagian ini hanya akan berlaku bagi Anda jika Anda menggunakan Fitur xenPlatform.

  1. Biaya Fitur xenPlatform yang ditetapkan berlaku bagi Anda.
  2. Anda berjanji akan mengimplementasikan prinsip Mengenal Nasabah Anda (KYC) dan Uji Tuntas Nasabah (CDD) terhadap setiap calon Pedagang Anda. Untuk itu, Anda berkomitmen  untuk mengimplementasikan proses KYC dan CDD dengan standar yang sesuai dengan persyaratan peraturan dan standar industri, atau sebagaimana dianggap oleh pantas oleh Kami
  3. Anda berjanji untuk menjamin dan menyatakan persetujuan bahwa pihaknya mengadakan akan memiliki perjanjian sepantasnya dengan setiap Pedagang Anda untuk memastikan setiap Pedagang Anda mematuhi ketentuan S&K. Perjanjian yang dimaksud wajib memiliki klausul-klausul dan ketentuan yang sejalan dengan Perjanjian dan S&K ini, sebagaimana dipandang pantas oleh Kami, dan hanya akan berlaku efektif selama Perjanjian ini masih berlaku. Selain itu, Anda wajib memastikan bahwa setiap salinan perjanjian dengan Pedagang Anda tersedia untuk diperiksa atas permintaan Kami.
  4. Anda akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap Pedagang Anda: (a) mengetahui dan patuh kepada ketentuan-ketentuan Perjanjian dan S&K, (b) mengetahui dan menyetujui bahwa Rahasia Informasi tertentu dapat ditransmisikan kepada Kami dan affiliasinya dalam rangka penggunaan Layanan, dan (c) terinformasi dengan baik akan limitasi fitur Akun Mitra (dalam hal Pedagang Anda tersebut adalah pemegang Akun Mitra).
  5. Anda berjanji, mengakui dan akan bertanggung jawab atas pengelolaan Dashboard-Dashboard Akun Mitra termasuk penggunaan fitur-fitur begitu juga segala biaya, pembebanan biaya, pengeluaran, pembayaran kembali yang timbul dari penggunaan Layanan, termasuk pengelolaan saldo Dashboard yang diberikan kepada Akun Platform dari waktu ke waktu.
  6. Bila perselisihan timbul antara Anda dan pemegang Akun Mitra mengacu ke klausul 7.5 di atas, Anda tidak akan menyatakan bahwa Kami berkewajiban, bertanggung jawab dan akan membela, membebaskan dan mengganti kerugian Kami dari Klaim, gugatan, biaya, pengeluaran, kerugian, pertanggungjawaban, kompensasi, dan kewajiban terkait dengan hubungan hukum dan perselisihan Anda dengan pemegang Akun Mitra termasuk pihak ketiga terkait.

8. KEAMANAN DAN PENIPUAN

  1. Anda wajib selalu memelihara dan mematuhi semua langkah-langkah keamanan yang layak untuk melindungi Sistem Komputer Anda dan data yang tersimpan di dalamnya dari pengendalian tidak sah, perusakan, atau akses tidak sah lainnya dan mematuhi semua undang-undang, aturan, peraturan dan (dimana berlaku) aturan perusahaan kartu yang berlaku, termasuk, namun tidak terbatas pada Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran. Untuk keperluan Klausul 8.1 ini, “Sistem Komputer Anda” artinya sistem komputer yang dioperasikan oleh atau atas nama Anda yang menangkap atau menyimpan data Pengguna Akhir atau mengirimkan data Pengguna Akhir ke Kami.
  2. Anda setuju untuk memberikan kepada Kami bukti kepatuhan Anda terhadap ketentuan ayat 1 Klausul ini, atas permintaan Kami. Kegagalan untuk memberikan bukti kepatuhan tersebut berdasarkan kepuasan Kami dapat mengakibatkan penangguhan Layanan atau penghentian Perjanjian.
  3. Kami dapat memberikan atau menyarankan praktik terbaik dalam mengimplementasikan pencegahan kerugian dan memastikan pengalaman yang paling lancar dalam menggunakan Layanan. Saran-saran ini termasuk tetapi tidak terbatas pada:
    1. Aktifkan fitur “PFDS Whitelist” pada Layanan yang disediakan oleh Kami.
    2. IP Whitelist secara memadai dengan membatasi dan mengontrol akses Layanan Kami hanya untuk pengguna terpercaya;
    3. Ganti kunci akses API secara teratur sesuai dengan standar industri dan persyaratan peraturan;
    4. Melindungi kunci API dengan aman, PIN, kata sandi, atau mekanisme otentikasi lain yang digunakan untuk masuk ke Dasbor atau bertransaksi melalui API.Anda setuju untuk meninjau semua praktik terbaik yang Kami sarankan dan Anda harus memilih tindakan yang sesuai untuk bisnis Anda, dan secara independen menerapkan prosedur dan kontrol keamanan lain yang tidak disediakan oleh Kami.
  4. Tanggung jawab ada pada Anda untuk meninjau segala kontrol atas keamanan yang diberikan atau disarankan oleh Kami, dan untuk menentukan apakah kontrol keamanan tersebut memadai atau sesuai untuk tujuannya dan, jika sesuai, secara independen akan menerapkan prosedur dan kontrol keamanan lainnya yang tidak disediakan oleh Kami. Kami tidak pernah menyatakan, menjamin atau memberikan garansi bahwa Anda atau Pengguna Akhir tidak akan pernah menjadi korban penipuan.
  5. Kami dan Afiliasi Kami, tidak akan bertanggung jawab kepada Anda, atau bertanggung jawab atas Kerugian finansial atau non-finansial, Kerugian langsung atau tidak langsung, atau konsekuensi lain dari penipuan, tidak dan tidak akan menjamin Anda terhadap Kerugian apa pun yang disebabkan oleh penipuan , terlepas dari apakah kewajiban Anda dalam Klausul ini telah diikuti dan/atau apakah rekomendasi praktik terbaik atau kontrol keamanan yang disarankan oleh Kami sebagaimana dimaksud dalam Klausul di atas telah diikuti.
  6. Kami dapat membantu Anda terhadap penyelidikan apa pun dari penegak hukum untuk memulihkan dana yang hilang. Anda setuju bahwa bantuan tersebut tidak akan ditafsirkan sebagai asumsi tanggung jawab atau kewajiban oleh Kami.
  7. Kami dapat memberikan Anda data subjektif mengenai suatu potensi atau kemungkinan bahwa suatu transaksi mungkin merupakan transaksi penipuan, yang memerlukan tindakan atau peninjauan oleh Anda. Kami juga dapat memasukkan tindakan atau kelambanan terhadap Anda ke dalam penilaian subjektif di masa mendatang saat mengidentifikasi potensi penipuan di masa mendatang. Namun, Anda mengakui dan setuju bahwa Anda bertanggung jawab penuh atas setiap tindakan yang Anda pilih untuk dilakukan (atau sebaliknya) sehubungan dengan data tersebut, serta untuk memberikan informasi yang tidak akurat atau tidak benar kepada Kami. Kami tidak menyatakan, dan menjamin bahwa data subjektif tersebut akan akurat dalam mendeteksi penipuan dalam segala hal, dan tidak bertanggung jawab atas Kerugian yang timbul sehubungan dengan transaksi penipuan yang tidak terdeteksi oleh data subjektif yang diberikan kepada Anda.
  8. Dalam hal Kami menerima informasi dari mitra kanal pembayaran kami, regulator atau otoritas penegak hukum, Pengguna Akhir atau publik tentang indikasi atau dugaan aktivitas penipuan, perbuatan curang, dan/atau aktivitas melanggar hukum atau ilegal oleh Anda atau Sub- Penjual atau Pengguna Akhir yang terkait dengan Akun Anda, selain dan terlepas dari hak lain yang mungkin Kami miliki berdasarkan S&K ini atau Perjanjian Layanan, Kami dapat meminta Anda untuk (i) melakukan tinjauan berkala dan/atau insidental atas transaksi yang relevan, Sub-merchant atau Pengguna Akhir, (ii) memberikan informasi atau melakukan tindakan, menanggapi atau penyelesaian yang dapat Anda lakukan terkait dengan tindakan tersebut, (iii) memberikan rencana tindakan tertulis untuk menangani aktivitas yang dilaporkan serta rencana manajemen risiko secara keseluruhan dalam jangka waktu yang wajar berdasarkan kasus per kasus, dan (iv) terus memberi tahu Kami tentang pelaksanaan rencana tersebut. Kegagalan untuk mematuhi persyaratan ini dapat mengakibatkan penangguhan atau penghentian Layanan Kami kepada Anda atau Sub-Merchant terkait, sesuai dengan persyaratannya berdasarkan Perjanjian Layanan atau Persyaratan dan Ketentuan terkait.

9. LISENSI DAN KEKAYAAN INTELEKTUAL

  1. Dengan tunduk pada syarat-syarat dalam S&K ini, Kami dengan ini memberikan kepada Anda dan Anda dengan ini menerima dari Kami suatu lisensi pribadi, terbatas, non-eksklusif, tidak dapat dipindahtangankan, dan hak untuk menggunakan API Kami dan disertai Dokumentasi yang bersangkutan untuk tujuan berikut:
    1. melakukan instalasi dan menggunakan API pada sejumlah mesin, sebanyak yang sewajarnya diperlukan (mesin tersebut adalah dan harus dipelihara di fasilitas yang dimiliki, di bawah penguasaan, atau disewa oleh Anda) untuk menggunakan Layanan tersebut dengan tujuan melakukan transaksi dengan Pengguna(-pengguna) Akhir Anda;
    2. menggunakan Dokumentasi yang tersedia hanya untuk tujuan penggunaan API dan Layanan; dan
    3. membuat setiap salinan API dan Dokumentasi yang diperlukan, dengan semua pemberitahuan hak cipta yang utuh, hanya untuk tujuan pengarsipan.
  2. Dengan tunduk pada syarat-syarat S&K ini, Kami dengan ini memberikan lisensi bebas royalti yang tidak terbatas, tidak eksklusif, serta tidak dapat dipindahtangankan kepada Anda untuk menggunakan merek dagang dan merek layanan Kami (secara keseluruhan disebut “Materi Iklan”); dengan ketentuan bahwa Anda setuju untuk mengubah, atas biaya Anda sendiri, setiap Materi Iklan yang dalam penilaian sepihak Kami, dianggap tidak tepat, tidak pantas, menyesatkan, atau menyalahgunakan merek dagang dan/atau merek jasa Kami. Anda, atas permintaan tertulis dari Kami, akan segera menghentikan penggunaan Materi Iklan yang dianggap oleh Kami melanggar Klausul 9.2 ini. Tanpa mengesampingkan ketentuan apapun dalam S&K ini, maka lisensi tersebut harus dicabut seketika dan secara otomatis setelah pengakhiran Perjanjian. Anda tidak akan menambahkan, menghapus, atau memodifikasi Materi Iklan, Dokumentasi atau formulir yang disediakan oleh Kami tanpa persetujuan tertulis dari Kami.
  3. Anda mengakui dan menyetujui bahwa kecuali atas hak dan lisensi yang secara tegas diberikan kepada Anda dalam S&K ini, antara Anda dan Kami, Kami akan mempertahankan semua hak, kepemilikan dan kepentingan dalam dan terhadap Layanan-layanan, API, Dokumentasi, dan turunan apapun dari hal tersebut di atas (“KI Kami”); dan, tidak ada yang terkandung dalam Perjanjian atau S&K yang dapat ditafsirkan sebagai pemberian kepada Anda sebagai akibat hukum, keberlakuan hukum, perintah larangan, atau sebaliknya, lisensi atau hak lainnya. Anda tidak diperbolehkan untuk: (i) menggunakan, mereproduksi, mendistribusikan, atau mengizinkan orang lain untuk menggunakan, mereproduksi, atau mendistribusikan salah satu dari KI Kami untuk tujuan selain yang ditentukan dalam S&K ini; (ii) membuat KI Kami tersedia bagi pihak ketiga yang tidak berwenang; (iii) menyewakan, mendistribusikan secara elektronik, kepemilikan kolektif dengan pembagian waktu tertentu (timeshare) atau memasarkan KI Kami dengan saluran interaktif, layanan pemrosesan jarak jauh, biro jasa atau lainnya; atau, (iv) secara langsung atau tidak langsung memodifikasi, merekayasa balik, mendekompilasi, membongkar, atau mendapatkan kode sumber dari salah satu KI Kami.
  4. Dalam hal Anda melanggar ketentuan apa pun dalam Klausul 9 ini, Kami berhak melakukan segala cara yang Kami anggap perlu terhadap Anda untuk melindungi kepentingan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada penangguhan dan/atau penghentian Layanan. Selanjutnya, Anda dengan ini setuju untuk bertanggung jawab penuh atas segala Kerugian, kerusakan, akibat, tuntutan hukum, klaim, dan pertanggungjawaban hukum yang timbul dari atau sehubungan dengan pelanggaran tersebut.
  5. Anda mengakui dan setuju untuk memberikan Kami persetujuan untuk mempergunakan nama, logo, merek miliknya di portal Kami untuk tujuan yang diperbolehkan oleh hukum termasuk untuk pemasaran.

10. PERNYATAAN DAN JAMINAN

  1. Selain pernyataan dan jaminan lain yang mungkin terkandung dalam Perjanjian, pernyataan dan jaminan Kami adalah sebagai berikut:
    1. Kami mematuhi dan akan terus mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku, dan Kami telah memperoleh dan akan terus mempertahankan semua persetujuan, lisensi, dan otorisasi yang diperlukan dari lembaga pemerintah terkait, sehubungan dengan kegiatan bisnis Kami dan penyediaan Layanan Kami;
    2. Layanan-layanan dan API yang diberikan kepada Anda berdasarkan dokumen ini akan sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam Dokumentasi yang berlaku, sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu atas diskresi Kami yang mutlak, dan dalam Perjanjian
    3. Kami akan tetap mematuhi semua undang-undang, aturan dan peraturan yang berlaku dan (sebagaimana berlaku) aturan perusahaan kartu yang mengatur keamanan data Pengguna Akhir, termasuk, namun tidak terbatas pada, Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran.
    4. Kami tidak akan menggunakan atau mengungkapkan data Pengguna Akhir yang non-publik, yang unik, yang Anda kirimkan (termasuk Data Pribadi Anda) kecuali jika diperlukan secara wajar (i) untuk menyediakan Layanan kepada Anda, (ii) untuk menyediakan layanan penipuan dan layanan risiko transaksi umumnya tanpa mengungkapkan informasi Pengguna Akhir yang dapat diidentifikasi secara pribadi, atau, (iii) sebagaimana dijelaskan, diizinkan atau diwajibkan oleh Kebijakan Privasi Kami atau hukum.
  2. Jika Anda menemukan bahwa produk, layanan, atau kiriman apa pun tidak sesuai dengan pernyataan dan jaminan yang ditetapkan dalam paragraf 1.b Klausul ini dan melaporkan ketidaksesuaian tersebut Kami, Kami akan, atas kebijakan Kami, (i) melaksanakan secara upaya komersial yang wajar untuk memperbaiki ketidak sesuaian tanpa biaya tambahan kepada Anda, atau (ii) mengembalikan biaya yang dibayarkan untuk produk, layanan, atau pelaksanaan kewajiban yang tidak sesuai dalam waktu sembilan puluh (90) hari sebelum sejak Anda menemukan ketidak sesuaian tersebut. Upaya pemulihan yang disebutkan dalam ayat ini merupakan satu-satunya upaya pemulihan Anda dan seluruh tanggung jawab Kami sehubungan dengan pernyataan dan jaminan yang ditetapkan dalam paragraf 1 Klausul ini.
  3. Jaminan yang ditetapkan dalam paragraf 1 dan pemulihan yang ditetapkan dalam paragraf 2 Klausul ini tidak akan berlaku jika: (i) Layanan Kami digunakan dalam variasi material dengan Perjanjian, S&K ini, atau Dokumentasi yang berlaku; (ii) setiap produk, layanan, atau kiriman yang dilisensikan di bawah ini atau bagian apapun darinya telah dimodifikasi tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Kami; atau, (iii) cacat pada produk, layanan, atau kiriman apa pun yang disediakan disebabkan oleh salah satu peralatan Anda yang tidak berfungsi atau perangkat lunak pihak ketiga.
  4. Sebagai tambahan dari pernyataan dan jaminan lain yang mungkin terkandung dalam Perjanjian, pernyataan dan jaminan Anda adalah sebagai berikut:
    1. (i) semua dokumen dan informasi termasuk namun tidak terbatas pada dokumen hukum Anda, nama bisnis, tujuan dan operasi bisnis Anda, informasi tentang situs operasional Anda, yang telah Anda serahkan dan berikan kepada Kami selama proses pendaftaran akun semuanya sah, benar dan digunakan oleh Anda sebenarnya untuk tujuan penggunaan layanan Kami; (ii) Kecuali jika disetujui lain secara tertulis, Anda harus memberikan pemberitahuan tertulis kepada Kami jika Anda mengubah jenis usaha dan/atau jenis barang atau jasa yang Anda tawarkan selambat-lambatnya lima (5) hari kerja setelah perubahan terjadi. Dalam hal Anda tidak memenuhi kewajiban ini, maka segala akibat termasuk kerugian, jika ada, yang timbul darinya menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya; (iii) Anda memiliki semua hak, kuasa, dan kemampuan yang diperlukan untuk melaksanakan Perjanjian dan melaksanakan kewajiban Anda daripadanya (termasuk namun tidak terbatas pada S&K ini); (ii) setiap otorisasi atau persetujuan dari pihak ketiga mana pun yang mungkin diperlukan sehubungan dengan pelaksanaan, pengiriman, atau pelaksanaan Perjanjian oleh Anda telah diperoleh sebagaimana mestinya; (iii) Perjanjian ini merupakan kewajiban yang sah, sah dan mengikat, dapat ditegakkan terhadap Anda sesuai dengan ketentuannya, dan tidak melanggar perjanjian lain yang mengikat Anda; (iv) Penggunaan Layanan oleh Anda semata-mata untuk tujuan transaksi dan aktivitas bisnis yang sah sesuai dengan semua hukum, aturan, dan regulasi yang berlaku dan (v) Anda mematuhi dan akan terus mematuhi semua hukum dan regulasi yang berlaku, dan telah memperoleh dan akan terus mempertahankan semua persetujuan, lisensi, dan otorisasi yang diperlukan dari lembaga pemerintah terkait, sehubungan dengan perilaku bisnis Anda dan penggunaan Layanan oleh Anda.
    2. Pemasangan, konfigurasi, dan penggunaan Layanan dan API harus sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam Dokumentasi yang berlaku dan persyaratan di dalam Perjanjian dan khususnya (jika berlaku) spesifikasi yang tercantum dalam Dokumentasi atau persyaratan dan ketentuan lainnya dari pemberi lisensi pihak ketiga dari Kami, sebagaimana ditetapkan oleh Kami dan menjadi bagian dari dokumen ini sebagai referensi.
    3. Sebelum mengirim informasi Pengguna Akhir kepada Kami, Anda akan memberikan semua penungkapan yang diperlukan dan/atau memperoleh semua persetujuan yang diperlukan dari setiap Pengguna Akhir yang bersangkutan mengenai pengungkapan dan penggunaan data Pengguna Akhir yang dimaksud.
    4. (i) Anda memiliki segala hak dan kewenangan untuk menjual atau mendistribusikan produk atau jasa, yang merupakan alasan Anda menggunakan Layanan, (ii) Anda telah dan akan mematuhi semua undang-undang dan peraturan yang berlaku terkait dengan penggunaan Layanan, dan (iii) tidak ada satu pun produknya yang melanggar hak atas Kekayaan Intelektual dari pihak ketiga manapun dan tidak mengandung konten apapun yang melanggar setiap undang-undang dan peraturan yang berlaku atau hak pihak ketiga.
    5. Anda mematuhi semua undang-undang dan pembatasan dan tidak satupun produk atau jasa yang diekspor atau diimpor dari dan terlibat atau akan bertransaksi dengan (i) setiap negara atau orang, warga negara atau perusahaan yang yang telah dijatuhkan embargo barang oleh PBB dan/atau sanksi yang berlaku secara internasional seperti US Consolidated Sanction, OFAC Specially Designated Nationals,EU Financial Sanctions, UK Financial Sanctions, Interpol Wanted List, dan daftar sanksi lain yang berlaku; atau (ii) negara atau orang, warga negara atau perusahaan manapun yang masuk dalam daftar hitam FATF.
    6. Anda tidak terlibat dan tidak akan melakukan tindakan untuk mendapatkan penawaran, pembayaran, janji untuk membayar, atau otorisasi atau persetujuan atas pembayaran atau pemberian uang, properti, hadiah atau hal lain yang bernilai, secara langsung atau tidak langsung, kepada “pegawai pemerintah” (termasuk pejabat atau pegawai pemerintah atau badan usaha milik pemerintah atau entitas yang dikendalikan atau organisasi internasional publik, atau orang yang bertindak dalam kapasitas resmi untuk atau atas nama salah satu dari hal tersebut di atas, atau partai politik atau pejabat partai atau kandidat jabatan politik) untuk mempengaruhi keputusan resmi atau mendapatkan keuntungan yang tidak semestinya; dan Anda telah menjalankan usahanya sesuai dengan  peraturan perundangan pencegahan-korupsi dan suap yang berlaku.
    7. Operasional Anda telah atau akan dilakukan setiap saat sesuai dengan persyaratan pencatatan dan pelaporan keuangan yang berlaku dan undang-undang pemberantasan pencucian uang di Republik Indonesia, dan yurisdiksi lainnya dimana Anda berusaha atau beroperasi, aturan dan peraturan di bawahnya dan segala aturan terkait sejenis, peraturan-peraturan atau pedoman terkait atau yang ditetapkan, dilaksanakan atau diberlakukan oleh badan pemerintah manapun atau persidangan oleh pengadilan manapun atau lembaga pemerintahan (secara keseluruhan disebut “Undang-Undang Pencucian Uang”) dan tidak ada dakwaan, gugatan atau persidangan yang sedang diperiksa oleh pengadilan atau badan pemerintah, otoritas atau badan atau arbiter manapun yang mengaitkan Anda melakukan pelanggaran Undang-Undang Pencucian Uang.
    8. Segala barang atau layanan yang dijual atau diserahkan oleh Anda dan Pedagang Anda kepada Pengguna Akhir akan dikirimkan atau diserahkan sebagaimana semestinya berdasarkan janjinya kepada Pengguna Akhir dan bahwa Anda tidak akan menyatakan bahwa Kami dan Afiliasi Kami bertanggung jawab atau berkewajiban dari hubungan hukum yang timbul antara Anda atau Pedagang Anda dan Pengguna Akhir.

11. KEGIATAN YANG DILARANG

  1. Kategori usaha dan kegiatan berikut dilarang untuk menggunakan Layanan Kami (“Kegiatan Yang Dilarang”). Kategori Kegiatan Yang Dilarang dapat berubah dari waktu ke waktu karena perubahan undang-undang atau batasan yang diberlakukan oleh mitra Kami, dan Kami secara sepihak dapat mengubahnya tanpa memberikan notifikasi terlebih dahulu kepada Anda. Dalam keadaan tertentu, daftar kegiatan di bawah memenuhi syarat untuk diproses dengan mendapatkan persetujuan sebelumnya dari Kami* Jenis kegiatan yang disebutkan pada kolom disebelah kanan bersifat menggambarkan saja, dan tidak lengkap. Apabila Anda tidak yakin apakah kegiatan usahanya terkategori sebagai Kegiatan Yang Dilarang, atau memiliki pertanyaan bagaimana persyaratan tersebut berlaku, silahkan hubungi Kami.
  2. Anda secara hukum mengakui dan mengkonfirmasi persetujuan atau menyepakati bahwa Anda tidak akan mempergunakan Layanan untuk menerima pembayaran terkait dengan bisnis-bisnis, kegiatan usaha, praktik usaha, atau transaksi berikut, kecuali dengan persetujuan  tertulis terlebih dahulu dari Kami:
Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual 
Hak kekayaan intelektual atau pelanggaran hak milik Penjualan, distribusi, atau akses ke musik, film, perangkat lunak bajakan, atau material-material yang berlisensi tanpa memperoleh izin dari pemegang hak; produk atau jasa apapun yang secara langsung melanggar atau memfasilitasi pelanggaran terhadap merek, hak cipta, rahasia dagang, atau hak milik atau hak privasi dari pihak ketiga; 
Barang palsu atau tidak resmi Penjualan atau penjualan kembali barang bermerek atau barang-barang designer atau jasa; penjualan barang atau jasa yang diimpor atau diekspor secara tidak sah; 
Importasi barang yang dilarang atau dibatasi ke Indonesia 
Produk industri percetakanBuku majalah dan segala jenis barang serakan lainnya dan kertas dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa daerah Indonesia, barang cetakan buku, majalah leaflet, brosur surat kabar yang tertulis dalam huruf/aksara dan bahasa Cina, barang-barang offset dari kertas untuk Pembungkus rokok dan etika obat-obatan yang berbahasa Indonesia maupun yang sekedar menggunakan bahasa asing.  
Bahan-bahan Kimia TertentuProduk turunan yang mengandung pengganti halogen dan garamnya, Pestisida, polimer etilena/stirena/vinil klorida 
Pakaian Bekas Tidak termasuk barang bawaan pribadi penumpang
Ekspor barang yang dilarang atau dibatasi dari Indonesia 
Produk pertanian, kehutanan, perikanan dan kelautan, industri dan pertambanganKaret Alam Spesifikasi Teknis (TSNR) yang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI); Karet alam dalam bentuk lain selain Standar Indonesia Rubber (SIR), beberapa Jenis Produk Kayu dan rotan, beberapa Jenis Ikan (Anak Ikan Arwana, benih ikan Botia hidup, Ikan botia hidup, Ikan Napoleon Wrasse, benih ikan sidat, calon induk dan induk udang Penaeidae, udang Jerbung, udang kuruma Ebi, Udang Galah), sisa dan skrap fero, ingot hasil peleburan kembali besi atau baja; Bijih timah, terak timah, tailing, batu mulia tidak termasuk intan dan batu semi mulia, batu mulia atau batu semi mulia sintetik     
Spesies yang masuk dalam daftar CITESMamalia (primata, paus, lumba-lumba, pesut, gajah, badak, harimau, beruang madu, sigung, landak, Darah Orangutan, Kambing Sumatera), Burung (Elang, kakatua, burung beo, kasuari, cendrawasih, dll), Reptil (kura-kura, ular, buaya, kadal monitor; empedu, alat kelamin, gigi dan darah buaya) Serangga (kupu-kupu tertentu), Ikan (Arwana Merah, Coelacanth, Belida, Hiu Sentani, Stingray Sentani, penyapu gua, dll.) Bivalviax (Kepiting kelapa, cassuta cornuta, kima raksasa, kima raksasa) ) Orchidaceae, Nephentaceae & Palmae (Anggrek dan pohon palem tertentu), Dipterocarpaceae (tanaman dan biji Tengkawang), Rafflesiaceae
Cagar BudayaCagar budaya berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, dan/atau struktur cagar budaya yang memenuhi kriteria berusia lima puluh tahun atau lebih mewakili masa gaya paling singkat berusia lima puluh tahun memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan dan memiliki nilai budaya penguatan kepribadian bangsa.
Bahan PercetakanBuku, majalah, surat kabar dan bahan semacam itu, pamflet, brosur yang dicetak dalam bahasa Indonesia, dialek dalam bahasa Indonesia, atau bahasa Tionghoa; barang cetakan offset yang terbuat dari kertas untuk kemasan rokok atau kemasan obat dalam bahasa Indonesia atau bahasa asing.
Barang dan layanan yang melanggar Hukum
PerjudianLotre (togel); biaya ikut serta lelang (yang tidak bisa dikembalikan); taruhan olahraga atau voor/pur; undian; permainan keberuntungan (roulette, lempar dadu, mesin judi dan sejenisnya) permainan kasino (Keno, Pi Gow Poker, Black Jack (21), Poker dan sejenisnya)
Konten dan layanan dewasa Materi pornografi dan materi berbau cabul lainnya (termasuk literatur, gambar dan media lain); mainan atau produk dengan orientasi seksual; portal yang menawarkan layanan berkaitan dengan sex seperti prostitusi, pendampingan, bayar per tayang dengan fitur chat langsung, pengantin pesanan (mail-order brides), portal layanan kencan yang vulgar       
Senjata api dan bahan peledakPenjualan, distribusi, impor, ekspor pistol, amunisinya dan bahan-bahan peledak 
Narkotika dan obat-obatan psikotropika Penjualan, distribusi, impor, ekspor secara melawan hukum atas Narkotika Golongan I (Tanaman Papaver Somniferum L, Opium mentah, Opium masak, tanaman koka, tanaman ganja, metamfetamina, dan sejenisnya), Narkotika Golongan II (alphacetylmethadol, betameprodina, dekstromoramida, hidromorfon, trimeperidine, dan sejenisnya), Narkotika Golongan III (Asetildihidrokodeina, etilmorfina, propiram, dan sejenisnya)   
Mata Uang VirtualMata uang virtual yang dapat dimonetisasi (dijadikan uang), dijual kembali, atau dikonversi ke produk atau layanan fisik atau digital atau dengan cara lainnya keluar dari dunia virtual (contoh., Bitcoin); penjualan atas nilai yang tersimpan atau kredit yang dipertahankan, diterima dan diterbitkan oleh orang lain selain dari si penjual, kecuali sesuai dengan hukum atau peraturan yang berlaku atau aturan dari badan pengatur yang berwenang. 

* peraturan perundang-undangan dapat berubah dari waktu ke waktu sejak pertama kali daftar ini  dibuat.

12. PENAFIAN

  1. Kecuali dinyatakan secara tegas dalam Perjanjian atau S&K ini, produk dan layanan yang diberikan dalam dokumen ini disediakan “apa adanya” dengan segala kesalahan dan tanpa suatu pernyataan atau jaminan apapun. Seluruh risiko terhadap kualitas, kinerja, ketepatan, dan usaha yang memuaskan menjadi tanggungan Anda. Penafian jaminan ini berlaku bagi Pengguna Akhir dan pengguna produk dan jasa yang adalah Pengguna Akhir, serta menggantikan setiap jaminan dan ketentuan baik yang dinyatakan, tersirat, atau berdasarkan undang-undang, dan Kami dengan ini secara khusus mengecualikan, sejauh diperbolehkan oleh hukum, setiap pernyataan, persyaratan atau jaminan, dinyatakan maupun tersirat, berkenaan dengan produk atau jasanya, termasuk jaminan tersirat tentang kelayakan jual, kesesuaian untuk suatu tujuan, judul, dan non-pelanggaran tertentu berkenaan dengan produk dan jasa, dan jaminan tersirat apapun yang timbul dari jalannya transaksi atau dalam pelaksanaannya.
  2. Anda mengakui bahwa Kami bukan lembaga keuangan. Kami dan setiap Afiliasi Kami bertanggung jawab hanya untuk pengiriman data dan/atau menfasilitasi transfer dana dan melaksanakan atau mengarahkan pembayaran, otorisasi pembayaran atau layanan keuangan tertentu dan tidak bertanggung jawab atas perbuatan atau kelalaian pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada (a) pengoperasian situs penyedia jasa internet (“ISP“), bank, pengelola keuangan, atau lembaga keuangan lainnya, (b) ketersediaan atau pengoperasian sistem operasi ISP, bank, pengelola keuangan atau lembaga keuangan lainnya, dan tidak akan bertanggung jawab atas kerugian keuangan atau non-keuangan (baik secara langsung atau tidak langsung) yang dialami Anda sebagai akibat kesalahan, kelalaian, kegagalan, keterlambatan atau kerusakan ISP, bank, pengelola keuangan atau lembaga keuangan.
  3. Anda mengakui dan menegaskan bahwa Anda akan menanggung segala resiko pengumpulan, termasuk namun tidak terbatas pada, penipuan kartu kredit dan jenis penipuan lainnya, terkait dengan penjualan produk atau jasanya.
  4. Anda mengakui dan menegaskan bahwa Kami tidak bertanggung jawab untuk mengenali apakah pembelian, penjualan, sumbangan, pesanan, atau transaksi pembelian tertentu (masing-masing “Transaksi“) adalah akurat atau benar atau khas dengan usaha Anda. Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk mengenali apakah Transaksi yang dilakukan oleh Pengguna Akhir adalah salah atau mencurigakan (termasuk, namun tidak terbatas pada, pembelian yang tidak biasa atau besar, atau permintaan pengiriman yang tidak lazim ke negara asing). Anda mengakui, menyetujui dan berjanji untuk melakukan pemeriksaan yang wajar terhadap Transaksi yang tampak mencurigakan dan/atau salah, dan jika perlu, menghubungi Pengguna Akhir sehubungan dengan Transaksi yang mencurigakan atau salah tersebut sebelum memenuhi atau menyelesaikan Transaksi. Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi karena Transaksi yang salah atau bersifat menipu sehubungan dengan penggunaan Layanan, dan Kami tidak bertanggung jawab atau memiliki kewajiban sehubungan dengan hal yang serupa.
  5. Anda mengakui dan menegaskan bahwa Kami tidak akan bertanggung jawab atas pengunduhan dan penggunaan Layanan di perangkat yang di rooted atau di jailbreak dan penggunaan perangkat yang di rooted atau di jailbreak tersebut sepenuhnya menjadi risiko Anda sendiri. Anda memahami dan setuju bahwa Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau konsekuensi lain yang diderita atau ditanggung oleh Anda sebagai akibat dari penggunaan Layanan pada perangkat yang di rooted atau di jailbreak dan Kami memiliki keleluasaan untuk menangguhkan penggunaan Layanan pada perangkat yang di rooted atau di jailbreak dan memblokir perangkat tersebut untuk menggunakan Layanan.
  6. Anda hanya akan menggunakan Layanan untuk transaksi yang sah dengan Pengguna Akhir. Anda bertanggung jawab atas hubungannya dengan Pengguna Akhir, dan Kami dan Afiliasi Kami tidak membuat pernyataan, jaminan, atau keterangan apa pun sehubungan dengannya dan tidak bertanggung jawab atau memiliki kewajiban dalam bentuk apapun atas sifat, kualitas, keaslian, kesesuaian, atau aspek lain dari produk atau jasa yang dipublikasikan atau dijual oleh Anda, atau dibeli oleh Pengguna Akhir dari Anda menggunakan Layanan; atau jika Anda menerima sumbangan, agar Anda mengkomunikasikan kepada Pengguna Akhir tujuan penggunaan sumbangan tersebut. Anda mengakui dan menegaskan bahwa Anda sendiri akan bertanggung jawab atas sifat dan kualitas produk atau jasa yang diberikan oleh Anda, dan atas pengiriman, dukungan, pengembalian dana, pengembalian, dan jasa tambahan lainnya yang diberikan olehnya kepada Pengguna Akhir, dan bahwa Kami dan Afiliasi Kami tidak memiliki tanggung jawab atau kewajiban apapun sehubungan dengan hal yang serupa. Kami berhak untuk mengakhiri Layanan dan Perjanjian seketika atas dugaan yang wajar bahwa Anda terlibat dalam suatu transaksi(-transaksi) illegal dengan Pengguna Akhir dan/atau usaha ilegal dan tidak bertanggung jawab atau memiliki kewajiban terhadap Kerugian yang muncul sehubungan dengan transaksi tersebut atau sehubungan dengan pihak manapun (termasuk, namun tanpa batasan, Anda dan/atau Pengguna Akhir).
  7. Anda memahami dan menyetujui (i) bahwa baik Kami maupun pemberi lisensi pihak ketiga tidak dapat menjamin keakuratan tarif pajak yang diperoleh dari otoritas pajak, dan, (ii) bahwa Anda adalah penanggung jawab utama dalam melakukan pembayaran pajak yang benar yang berlaku atas penjualan produk atau jasa Anda.

13. PEMBERIAN GANTI RUGI DAN TANGGUNG JAWAB

  1. Ganti Rugi Kami: Tanpa mengesampingkan segala ketentuan lain pada S&K ini dan/atau Perjanjian, Kami harus melindungi, mengganti kerugian dan menanggung, atas biaya sendiri, Anda, afiliasi Anda dan setiap direktur, pejabat, karyawan dan pengganti dan orang yang ditugaskan Anda (masing-masing, adalah “Penerima Ganti Rugi Anda“) terhadap pihak ketiga yang mengajukan gugatan, klaim, gugatan sederhana, proses hukum, atau tindakan berdasarkan peraturan yang diajukan terhadap Penerima Ganti Rugi Anda dan Kerugian terkait (termasuk biaya dan pengeluaran yang wajar untuk penasihat hukum dan konsultan lainnya, biaya pengadilan, dan biaya-biaya penyelesaian perselisihan lainnya) yang diderita atau muncul bagi Penerima Ganti Rugi Anda sejauh tindakan tersebut didasarkan atau timbul dari klaim bahwa jasa atau produk Kami melanggar hak kekayaan intelektual, paten, rahasia dagang, atau hak kekayaan intelektual lainnya suatu pihak ketiga. Apabila suatu produk atau jasa Kami menjadi, atau berdasarkan penilaian wajar Kami diperkirakan sangat mungkin untuk menjadi objek dari gugatan pelanggaran hak kekayaan intelektual, Kami dapat, berdasarkan pilihannya (i) memperoleh hak untuk Anda dan Pelanggan Anda agar tetap dapat mempergunakan produk atau Jasa; (ii) mengganti atau mengubah produk dan layanan Kami sehingga tidak lagi atau memperkecil kemungkinan bahwa produk atau jasa tersebut dianggap melanggar; atau (iii) apabila pilihan-pilihan sebelumnya secara komersial tidak memungkinkan, mengakhiri Perjanjian.
  2. Ganti Rugi Anda: Anda harus membela, melindungi, dan mengganti kerugian atas biayanya sendiri, Kami, afiliasi Kami dan setiap direktur, pejabat, karyawan terkait dan pengganti, dan orang yang ditugaskan oleh Kami (masing-masing, sebuah “Penerima Ganti Rugi Kami“) terhadap gugatan, klaim, gugatan sederhana, proses hukum, atau tindakan berdasarkan peraturan yang diajukan terhadap Penerima Ganti Rugi Kami dan Kerugian terkait (termasuk biaya dan pengeluaran yang wajar untuk penasihat hukum dan konsultan lainnya, biaya pengadilan, dan biaya-biaya penyelesaian perselisihan lainnya) yang diderita atau muncul bagi Penerima Ganti Rugi Kami, sejauh tindakan tersebut didasarkan atau timbul dari (i) suatu layanan atau produk lain dari Anda yang melanggar hak cipta, paten, rahasia dagang, atau hak kekayaan intelektual pihak ketiga; (ii) suatu pelanggaran oleh Anda atas suatu syarat, ketentuan, pernyataan dan jaminan yang dituangkan dalam Perjanjian dan S&K ini; atau (iii) pemanfaatan Layanan ini oleh Anda atau Pengguna Akhir yang tidak sesuai dengan suatu ketentuan dalam Perjanjian atau S&K ini atau melanggar suatu aturan mengenai perlindungan data, Aturan Jaringan, atau undang-undang, aturan, atau regulasi lain yang berlaku.
  3. Pihak yang akan mengganti kerugian (“Pihak Pemberi Ganti Rugi“) akan memberikan ganti rugi terhadap Pihak yang meminta ganti rugi (“Pihak Penerima Ganti Rugi“) atas suatu klaim dengan ketentuan bahwa Pihak Penerima Ganti Rugi segera memberitahukan secara tertulis dan selambat-lambatnya tiga (3) hari kerja setelah Pihak Penerima Ganti Rugi mengetahui klaim tersebut (dengan ketentuan bahwa kegagalan untuk memberitahukan tidak akan mempengaruhi hak Pihak Penerima Ganti Rugi untuk menerima ganti rugi berdasarkan dokumen ini kecuali, dan hanya sejauh bila Pihak Pemberi Ganti Rugi benar-benar berprasangka secara demikian). Pihak Pemberi Ganti Rugi dapat berbeda pendapat tentang penyelesaian yang melibatkan perintah pengadilan yang bersifat sementara yang dapat mempengaruhi Pihak Penerima Ganti Rugi atau pengakuan kewajiban oleh Pihak Penerima Ganti Rugi tanpa terlebih dahulu menerima persetujuan tertulis dari Pihak Penerima Ganti Rugi.
  4. Anda mengakui dan menyetujui bahwa Kami dan setiap Afiliasi Kami tidak bertanggungjawab atas segala Kerugian yang diderita oleh Anda atau setidaknya bertanggungjawab dalam bentuk apapun, dan bahwa Anda akan bertanggungjawab atas segala Kerugian yang diderita oleh Kami dan setiap Afiliasi Kami yang timbul oleh karena:
    1. kelebihan pembayaran, kesalahan pembayaran, pembayaran kembali atau pembayaran tidak sah lainnya yang disebabkan oleh Anda atau Pengguna Akhir Anda (secara bersama-sama disebut “Pembayaran Tidak Sah”)
    2. kesalahan, cidera janji, kelalaian, perbuatan buruk menonaktifkan atau tidak mematuhi fitur keamanan oleh Anda, termasuk kegagalan untuk memenuhi Klausul 8.1;
    3. penipuan oleh Anda atau Pedagang Anda, termasuk karyawan, direktur, petugas, perwakilan, atau siapapun yang bertindak untuk dan atas nama Anda atau Pedagang Anda;
    4. apabila kredensial atau akun pembayaran yang hilang atau dicuri digunakan untuk membeli produk atau jasa dari Anda;
    5. apabila terjadi kompromi atas nama pengguna atau kata sandi and atau segala penggunaan atau modifikasi lain secara tidak berwenang atas akun Anda pada platform kami;
    6. kegagalan Anda untuk mematuhi ketentuan dari Perjanjian atau S&K ini;
    7. produk atau jasa Kami yang telah dimodifikasi oleh pihak-pihak lain selain Kami;
    8. penggunaan produk atau jasa kami oleh Anda atau setiap Pedagang Anda bersamaan dengan data dimana penggunaan data tersebut memberi dasar untuk mengajukan klaim atas pelanggaran;
    9. setiap kegagalan Anda untuk memasang pembaharuan (upgrade) atau tambalan (patch) yang disediakan oleh Kami dimana pembaharuan (upgrade) atau tambalan (patch) tersebut dapat menghindari Kerugian tersebut;
    10. penggunaan produk atau jasa Kami oleh Anda dengan cara yang tidak sesuai dengan Dokumentasi;
    11. penggunaan produk atau jasa Kami oleh Anda dengan perangkat lunak atau perangkat keras yang tidak diizinkan oleh Kami;
    12. tidak adanya atau kekurangan dalam lisensi atau izin apapun sehubungan dengan kegiatan usaha dan kegiatan operasional Anda;
    13. klaim pelanggaran terhadap kekayaan intelektual yang dilakukan oleh Anda;
    14. setiap kerugian, denda, biaya, dan klaim biaya lainnya (termasuk diantaranya, biaya penasehat hukum dan profesional), dan kerugian yang diderita atau timbul bagi Anda sebagai akibat dari perbuatan melawan hukum (termasuk, antara lain, kelalaian dan kekeliruan), pelanggaran kewajiban perundang-undangan, kecurangan, penafsiran yang salah, kerusakan yang disengaja terhadap benda atau orang lain atau kesalahan lain yang disengaja atau tidak sengaja, dalam setiap kasus, yang berasal atau disebabkan oleh Anda atau salah satu karyawan, direktur, petugas, perwakilan, agen atau afiliasi Anda.
    15. kelalaian Anda atau setiap Pedagang Anda untuk mengikuti kewajibannya berdasarkan segala Transaksi dan oleh karena itu kepada Pengguna Akhir.
  5. Apabila Kami mengalami Kerugian yang disebutkan di paragraf Klausul ini, kami dapat:
    1. Memotong jumlah Kerugian dari saldo pada Dasbor anda dengan segera tanpa adanya keberatan atau penolakan dari Anda; atau
    2. Apabila saldo dalam Dasbor tidak mencukupi, kami akan menerbitkan suatu pemberitahuan kepada Anda untuk meminta pengembalian dari segala jumlah Kerugian tersebut, dan Anda akan mengembalikan jumlah tersebut dalam tujuh (7) hari kalender sejak penerimaan pemberitahuan tersebut.Dengan syarat bahwa segala keterlambatan atau kelalaian dari Kami untuk melakukan pemotongan tersebut atau mengirimkan pemberitahuan tersebut bukan merupakan atau tidak dapat diartikan sebagai pengesampingan atas segala atau seluruh hak Kami sehubungan dengan Kerugian yang merupakan hak kami.
  6. Dalam keadaan apapun (i), Kami atau pemberi lisensi pihak ketiga kepada Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda atas kerugian atau biaya yang tidak langsung, tidak wajar, konsekuensial, khusus atau patut dicontoh atau kerugian yang diderita atau terjadi (walaupun Kami atau setiap pemberi lisensi pihak ketiga kepada Kami telah diberitahu tentang kemungkinan kerugian tersebut dan terlepas dari apakah mereka masing-masing mengetahui atau memiliki alasan untuk mengetahui kemungkinan akan timbulnya kerugian, cidera atau kerusakan yang dimaksud), termasuk, namun tidak terbatas pada, kehilangan pendapatan, keuntungan, itikad baik atau bisnis, penghematan yang diantisipasi, kehilangan reputasi, biaya keterlambatan, biaya data atau dokumentasi yang hilang atau rusak, atau kewajiban pihak tersebut kepada pihak ketiga yang yang berasal dari berbagai sumber; maupun (ii) seluruh tanggung jawab Kami atau pemberi lisensi pihak ketiga kepada Anda sehubungan dengan Perjanjian atau materi pokok dari Perjanjian, S&K ini atau Layanan ini berdasarkan kontrak, perbuatan melawan hukum, kelalaian, tanggung jawab mutlak atau teori ganti rugi hukum yang dipersamakan  lainnya, melebihi biaya yang dibayarkan atau dapat dibayarkan kepada Kami oleh Anda berdasarkan Perjanjian atau dalam kasus perselisihan yang melibatkan pemberi lisensi pihak ketiga kepada Kami) biaya Layanan yang dibayarkan atau dapat dibayar kepada pemberi lisensi pihak ketiga tersebut selama periode enam (6)  bulan secara seketika, sebelum tanggal timbulnya  dasar untuk mengajukan gugatan.
  7. Pengecualian dan pembatasan terhadap Klausul 13 di atas tidak berlaku untuk kewajiban pada dokumen ini mengenai ganti rugi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual pihak ketiga oleh Anda atau atas kewajiban yang timbul karena cedera fisik atau kematian seseorang oleh Pihak manapun.

14. INFORMASI RAHASIA

  1. Pada saat apapun selama jangka waktu Perjanjian dan penggunaan Layanan oleh Anda, Kami dan/atau mitra kanal pembayaran kami dapat meminta informasi tambahan kepada Anda untuk melakukan verifikasi atas kepemilikan manfaat atau kendali atas usaha, validasi informasi Anda, melakukan verifikasi atas identitas Anda atau perwakilan Anda, dan menilai risiko sehubungan dengan Usaha anda. Informasi tambahan ini dapat mencakup tagihan usaha, salinan identifikasi yang diterbitkan oleh pemerintah, perizinan usaha, atau informasi lain sehubungan dengan usaha Anda, pemilik manfaat atau prinsipal Anda. Kegagalan Anda untuk memberikan informasi atau materi ini dapat berakibat kepada penanggungan atau pengakhiran Akun Anda.
  2. Apabila anda hendak menggunakan layanan pinjaman dan/atau pembiayaan multiguna yang disediakan oleh Afiliasi Kami, Anda dengan ini memberikan otorisasi kepada Kami untuk meminta dan/atau mengambil informasi mengenai riwayat kredit Anda dari penyedia layanan Kami dan/atau pihak ketiga termasuk badan pelaporan kredit dan biro informasi dan Anda wajib memberikan otorisasi dan mengarahkan pihak ketiga tersebut untuk mengompilasi dan memberikan informasi tersebut kepada Kami dan mitra Kami yang terlibat untuk memberikan Layanan tersebut kepada Anda.
  3. Anda mengakui bahwa Kami dan/atau mitra kanal pembayaran kami dapat menggunakan Informasi Anda untuk melakukan verifikasi atas informasi lain yang Anda berikan kepada Kami, dan bahwa informasi yang dikumpulkan tersebut dapat mempengaruhi penilaian Kami dan/atau mitra kanal pembayaran Kami atas risiko keseluruhan Anda atas usaha dan sistem Kami. Anda Mengakui bahwa dalam keadaan tertentu, informasi tersebut dapat berakibat kepada Sahabatmu melakukan pembatasan kepada penggunaan Layanan kami oleh Anda atau penangguhan atau pengakhiran Akun Anda. Kami dapat memperbarui informasi ini dari waktu ke waktu sebagai bagian dari persyaratan underwriting dan prosedur analisis risiko Anda.
  4. Anda harus menyimpan Informasi Pengguna Anda di Akun Anda saat ini dan kerap diperbarui selama Anda menggunakan Layanan Kami dan/atau mempunyai Akun dengan Kami. Jika terjadi perubahan pada Informasi Pengguna Anda, atau atas permintaan Kami, Anda harus memberikan Informasi terbaru dari Pengguna Anda dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan Kami. Anda memahami dan menyetujui bahwa Kami dapat membutuhkan informasi terbaru Pengguna Anda yang Anda berikan kepada kami untuk terus memberikan Layanan Kami kepada Anda. Kegagalan untuk memperbarui informasi tersebut dapat mengakibatkan, antara lain, pembatasan Layanan Kami sebagaimana yang secara wajar kami anggap perlu. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang mungkin timbul dari atau sehubungan dengan kegagalan Anda untuk memberikan informasi terbaru dan akurat Pengguna Anda kepada Kami.
  5. Apabila Anda hendak menggunakan layanan kami di yurisdiksi lain menggunakan afiliasi kami yang manapun di yurisdiksi tersebut, Anda dengan ini mengakui dan memberikan persetujuan tegas bagi Kami untuk membagi kepada afiliasi kami Kenali-Pelanggan-Anda dan Identifikasi Pelanggan yang telah anda sediakan kepada Kami pada saat Anda membuat Akun dengan Kami, dan untuk Afiliasi Kami untuk menyimpan dan memroses dokumen dan informasi tersebut untuk menyediakan Layanan yang Anda minta dan sesuai dengan segala syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi dari Afiliasi tersebut. Anda lebih lanjut mengakui bahwa afiliasi Kami di yurisdiksi lain dapat meminta dan/atau menanyakan informasi dan/atau dokumen lain untuk melakukan uji tuntas pelanggan yang diperlukan oleh hukum yang berlaku, peraturan, dan komitmen kontrak afiliasi tersebut dengan bank dan mitra kanal pembayarannya.
  6. Setiap Pihak (“Pihak Penerima“) dengan ini menyetujui (i) untuk menjaga Informasi Rahasia Pihak lainnya (“Pihak Yang Mengungkapkan”) secara ketat dan melakukan tindakan pencegahan yang pantas untuk melindungi Informasi Rahasia tersebut (termasuk, namun tidak terbatas mengambil tindakan pencegahan yang sama seakan-akan Pihak Penerima menyimpan informasi rahasia miliknya), (ii) tidak membocorkan Informasi Rahasia atau informasi apapun yang diperolehnya kepada pihak ketiga kecuali diperlukan untuk menyediakan atau menggunakan Layanan atau sebagaimana diperboleh berdasarkan S&K ini dan/atau Perjanjian, (iii) setiap saat tidak akan mempergunakan Informasi Rahasia kecuali sebagaimana dimaksud dalam ayat ini, dan (iv) bahwa setiap karyawan atau pihak ketiga yang diberi akses terhadap Informasi Rahasia semacam itu harus memiliki dasar “perlu mengetahui” yang sah dan harus terikat secara tertulis untuk mematuhi kewajiban kerahasiaan Pihak Penerima, baik secara umum maupun khusus terhadap Perjanjian atau S&K ini. Kewajiban berdasarkan Klausul ini akan tetap berlanjut setelah berakhirnya keberlakuan S&K ini kepada Anda.
  7. Kecuali telah diatur dalam Perjanjian atau S&K ini, pada saat adanya permohonan tertulis dari Pihak Yang Mengungkapkan, pada saat apapun setelah penghentian Perjanjian, Pihak Penerima harus memusnahkan semua materi yang merupakan Informasi Rahasia dan/atau Kekayaan Intelektual dari Pihak Yang Mengungkapkan dan memberikan sertifikasi tertulis kepada Pihak Yang Mengungkapkan yang ditandatangani oleh petugas yang berwenang atau perwakilan dari Pihak Penerima bahwa semua informasi tersebut telah dimusnahkan. Terlepas dari hal tersebut di atas, masing-masing pihak dapat menyimpan Informasi Rahasia yang (i) disimpan pada arsip atau file cadangan atau (ii) sebagaimana diperlukan untuk mematuhi peraturan perundang-undangan, peraturan perusahaan kartu yang berlaku atau kewajibannya sesuai dengan Perjanjian (termasuk S&K ini), dengan ketentuan bahwa pihak tersebut terus menjaga kerahasiaan Informasi Rahasia tersebut sesuai dengan persyaratan dalam Perjanjian dan S&K ini.
  8. Meskipun ada ketentuan dalam Perjanjian atau S&K namun, masing-masing Pihak dapat mengungkapkan Informasi Rahasia ke Pihak lain sepanjang pengungkapan tersebut sesuai dengan perintah atau kewajiban yang sah dari lembaga pemerintahan atau pengadilan yang memiliki kompetensi, dengan ketentuan bahwa pemilik Informasi Rahasia harus diberi pemberitahuan dengan jangka waktu yang pantas dari perintah atau atau permintaan dan kesempatan untuk mengajukan perlawanan.
  9. Untuk menghindari keraguan dan tanpa mengesampingkan ketentuan sebelumnya, masing-masih Pihak berhak untuk mengungkapkan keberadaan hubungan yang muncul berdasarkan dokumen ini dan dapat meliputi nama, nama dagang, merek dagang, atau simbol dari Pihak lainnya untuk materi publikasinya, tanpa memerlukan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Pihak lainnya.

15. LAIN-LAIN

  1. Dari waktu ke waktu, Kami dapat mengirimkan informasi promosi, pemutakhiran fitur, peluncuran produk, dan pemberitahuan dan/atau berita serupa lainnya dan/atau melalui Layanan Pesan Instan kepada nomor telepon Anda yang terdaftar pada Akun yang relevan. Dengan mendaftarkan nomor telepon apapun di Akun, Anda sepakat dan setuju untuk menerima berita-berita tersebut di nomor telepon anda dari nomor resmi Kami.
  2. Apabila Anda menghidupkan notifikasi Whatsapp pada segala fitur Kami yang memungkinkan Kami untuk mengirimkan pesan kepada Pengguna Akhir atas nama Anda, Anda mengakui dan setuju untuk bertanggungjawab dalam mendapat persetujuan dari setiap Pengguna Akhir untuk menerima pesan-pesan di masa depan dari Kami melalui Whatsapp Business atau Layanan Pesan Instan lainnya yang dioperasikan oleh Kami dan akan menyediakan bukti persetujuan tersebut berdasarkan permintaan dari Kami.
  3. Para Pihak harus melaksanakan semua tugasnya berdasarkan Perjanjian (termasuk S&K ini) sebagai pihak independen. Tidak satu pun ketentuan dalam Perjanjian yang dapat ditafsirkan sebagai pemberian salah satu Pihak kuasa untuk mengarahkan atau mengendalikan kegiatan sehari-hari Pihak lainnya, atau menyatakan bahwa Para Pihak sebagai prinsipal dan agen, pemberi kerja dan karyawan, pemberi waralaba dan penerima waralaba, mitra, modal ventura, turut pemilik, ataupun sebagai peserta dalam suatu kerjasama. Para Pihak memahami dan menyetujui bahwa, kecuali sebagaimana ditentukan secara khusus dalam Perjanjian, tidak ada Pihak yang memberi Pihak lain kuasa atau wewenang untuk membuat atau memberikan persetujuan, pernyataan, representasi, garansi, atau komitmen lain apa pun atas nama Pihak lainnya, atau untuk menandatangani kontrak atau menimbulkan pertanggung jawaban atau kewajiban apapun, tersurat maupun tersirat, atas nama Pihak lainnya, atau untuk mengalihkan, melepaskan, atau mengesampingkan hak, atau kepentingan dari Pihak lain tersebut.
  4. Dalam melaksanakan Layanan apapun berdasarkan Perjanjian dan S&K ini, dari waktu ke waktu, sejauh diizinkan berdasarkan hukum, Anda dengan ini menyetujui untuk mengizinkan Kami, atas diskresi Kami sendiri, untuk mendelegasikan tugas dan kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini kepada Afiliasinya dan/atau Pihak Ketiga yang terpercaya.
  5. Saat kami Kami melakukan pembaruan atas sistem Kami, sebagian data transaksi tidak dapat dilihat lagi dalam akun Dashboard Anda. Ketidaktersediaan data tersebut tidak semata-mata berarti Kami telah menghapus atau menghancurkan data Anda. Kami akan tetap mengarsipkan data tersebut dengan mematuhi Kebijakan Privasi, kebijakan internal, dan peraturan yang berlaku. Anda dapat mengakses data yang diarsipkan tersebut dengan cara menghubungi Kami.
  6. S&K ini ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2009 tertanggal 9 Juli 2009 tentang bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan dan peraturan pelaksananya (“UU No. 24“), Para Pihak setuju versi Bahasa Indonesia dari S&K ini akan dianggap sebagai suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan versi Bahasa Inggris. Dalam hal suatu kerancuan, keraguan atau inkonsistensi timbul antara versi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, versi Bahasa Inggris yang akan berlaku. Setiap Pihak selanjutnya setuju bahwa tidak ada Pihak yang akan dengan cara atau forum apapun, atau dalam yurisdiksi manapun, membantah keabsahan, atau mengajukan keberatan terhadap, S&K ini atau transaksi-transaksi yang dimaksud dalam Perjanjian atas dasar ketidakpatuhan terhadap UU No. 24.
  7. Jika Anda memerlukan bantuan terkait dengan Layanan, atau memiliki pertanyaan tentang Layanan Kami, Anda dapat menghubungi Kami pada laman berikut: https://sahabatmu.co.id/