Privasi dan keamanan online penting bagi Kami. PT Sahabatmu Solusi Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia (“Sahabtmu”, atau “Kami”) menawarkan platform dan layanan pembayaran untuk menjalankan usaha dalam jaringan. Kami mengumpulkan data mengenai usaha-usaha dan pelanggan-pelanggannya (“Data“) ketika mereka menggunakan platform, layanan, dan situs Kami (secara kolektif, “Layanan”). Kebijakan privasi ini menjelaskan bagaimana Kami mengumpulkan, menggunakan, dan mengungkapkan Data.
Dalam Kebijakan Privasi ini, Kami terkadang merujuk kepada “Anda“. “Sahabat” dapat berarti pengunjung ke salah satu situs Kami, pengguna dari salah satu atau lebih Layanan Kami (“Pengguna“), atau pelanggan dari suatu Pengguna (“Pelanggan“). Kami akan melakukan yang terbaik untuk mengklarifikasi kepada siapa Kami merujuk dalam berbagai poin dalam Kebijakan Privasi ini. Kebijakan ini tidak berlaku untuk situs, produk, atau layanan pihak ketiga bahkan dalam hal mereka tertaut kepada Layanan Kami, dan Anda harus memperhatikan praktik privasi pihak ketiga tersebut dengan seksama. Jika Anda tidak setuju dengan praktik yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini, Anda harus segera menghentikan penggunaan Layanan Kami oleh Anda dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghapus cookie dari perangkat komputer Anda setelah meninggalkan situs Kami.
1. IKHTISAR
Data yang Kami kumpulkan tergantung pada bagaimana Layanan Kami digunakan. Terkadang Kami menerima Data secara langsung, seperti ketika suatu akun Sahabatmu dibuat, transaksi-transaksi uji coba diajukan melalui situs Kami, form tagihan Sahabatmu digunakan, atau Kami menerima suatu e-mail. Selain itu, Kami menerima Data dengan merekam interaksi dengan Layanan Kami dengan, sebagai contoh, menggunakan teknologi seperti cookie dan web beacon. Kami juga menerima Data dari pihak ketiga, seperti mitra keuangan Kami atau layanan verifikasi identitas. Pengumpulan dan penggunaan data dari berbagai sumber bersifat esensial untuk kemampuan Kami menyediakan Layanan Kami – dan untuk membantu mengamankan Layanan tersebut. Data bersifat penting dalam membantu Kami meningkatkan keamanan pembayaran dalam jaringan Anda, dan mengurangi resiko penipuan, pencucian uang dan kegiatan berbahaya lainnya.
2. DATA YANG KAMI KUMPULKAN
- Data pribadi. Data yang mengidentifikasi, atau dapat secara wajar digunakan untuk mengidentifikasi, Anda sebagai seorang individual, Kami sebut sebagai “DataPribadi”. Kami menggunakan beberapa cara untuk mengumpulkan Data Pribadi. Sebagai contoh,, Kami mengumpulkan Data Pribadi ketika suatu perusahaan mendaftar untuk membuat akun Sahabatmu, seorang Pelanggan melakukan pembayaran atau transaksi melalui situs atau aplikasi pengguna, seseorang merespon email atau survey Sahabatmu, atau ketika seorang Pelanggan menggunakan fitur “Ingat Saya” di Sahabatmu Checkout. Kami juga menerima Data Pribadi dari berbagai sumber lain, seperti mitra Kami, penyedia layanan keuangan, layanan verifikasi identitas, dan sumber-sumber lain yang tersedia untuk umum. Data Pribadi tidak termasuk Data yang telah dikumpulkan atau dibuat anonim sehingga tidak dapat lagi dikaitkan secara wajar dengan individu tertentu. Data Pribadi yang dapat Kami kumpulkan meliputi:
- Detail kontak, seperti nama, alamat surat menyurat, nomor telepon, alamat email;
- Data keuangan dan transaksi, seperti informasi terkait kartu kredit atau kartu debit, dan informasi lain terkait rekening bank; dan
- Data Pribadi lainnya, seperti tanggal lahir, identitas lain yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah
- Data lainnya. Data yang bukan merupakan Pribadi Data, Kami sebut sebagai “Data Lain“. Kami mengumpulkan Data Lain melalui berbagai sumber. Salah satu sumber Data Lain Kami adalah cookie dan teknologi lainnya yang merekam Data terkait penggunaan situs Kami, situs yang mengimplementasikan Layanan Kami, dan penggunaan Layanan Kami secara umum. Data Lain yang Kami kumpulkan meliputi:
- Data browser dan perangkat, seperti alamat IP, jenis perangkat, sistem operasi dan jenis internet browser, resolusi layar, nama serta versi dari sistem operasi, pabrik dan model dari perangkat, bahasa, plug-ins, add-ons, serta versi dari Layanan yang Anda gunakan;
- Data transaksi, seperti pembelian, jumlah pembelian, tanggal pembelian, dan metode pembayaran;
- Cookie dan data teknologi pelacakan, seperti waktu yang dihabiskan pada Layanan, halaman yang dikunjungi, preferensi bahasa, dan data lalu lintas anonim lainnya; dan
- Data perusahaan, seperti struktur hukum perusahaan, produk dan layanan yang ditawarkan, wilayah hukum, catatan perusahaan, dan informasi yang diajukan melalui layanan Sahabatmu Atlas.
(Data Pribadi dan Data Lain secara bersama-sama disebut sebagai “Data”)
Apabila anda hendak menggunakan layanan-layanan yang disediakan oleh Afiliasi (sebagaimana didefinisikan di bawah) Kami baik dalam yurisdiksi yang sama atau berbeda, maka Kami dapat mengumpulkan, meminta dan/atau menanyakan Data tambahan milik Anda untuk dan atas nama Afiliasi Kami di yurisdiksi tersebut untuk melakukan uji tuntas pelanggan yang diperlukan oleh hukum yang berlaku, peraturan, dan komitmen kontrak Afiliasi tersebut dengan bank dan mitra kanal pembayarannya dan sesuai dengan segala syarat dan ketentuan dan Kebijakan Privasi dari Afiliasi tersebut. Harap dicatat bahwa pada saat Data Anda diterima (dikumpulkan) oleh Afiliasi Kami, penggunaan dan pemrosesan Data Anda adalah untuk tujuan sebagaimana disebutkan pada perjanjian Anda dengan Afiliasi tersebut, atau kebijakan privasi atau dokumen serupa dari Afiliasi tersebut yang telah atau akan dikomunikasikan kepada Anda.
3. BAGAIMANA KAMI MENGGUNAKAN DATA
- Data Pribadi. Kami, Afiliasi Kami, dan penyedia layanan Kami menggunakan Data Pribadi untuk: (i) menyediakan Layanan; (ii) mendeteksi dan mencegah penipuan, (iii) memitigasi kerugian finansial atau bahaya lain terhadap Pengguna, Pelanggan, dan Sahabatmu, dan (iv) mempromosikan, menganalisa dan meningkatkan produk, sistem, dan alat-alat Kami. Contoh penggunaan Data Pribadi yang dapat Kami lakukan meliputi:
- Untuk memverifikasi identitas untuk tujuan kepatuhan
- Untuk mengevaluasi permohonan untuk menggunakan Layanan Kami;
- Untuk melakukan pengawasan manual maupun sistematis atas penipuan dan kegiatan berbahaya lainnya;
- Untuk merespon pertanyaan-pertanyaan, mengirimkan pemberitahuan layanan dan menyediakan bantuan pelanggan;
- Untuk memproses pembayaran dengan Sahabatmu Checkout, berkomunikasi mengenai suatu pembayaran, dan menyediakan bantuan pelanggan yang terkait;
- Untuk audit, tujuan berdasarkan peraturan, dan kepatuhan terhadap standar industri;
- Untuk mengembangkan produk baru;
- Untuk mengirimkan komunikasi pemasaran;
- Untuk meningkatkan atau memodifikasi Layanan Kami; dan
- Untuk melakukan analisis dan agregasi yang membuat Kami dapat beroperasi, melindungi, membuat keputusan-keputusan yang berdasarkan informasi, dan melaporkan pelaksanaan dari usaha Kami.
- Data Lain. Kami dapat menggunakan Data Lain untuk beberapa tujuan, dengan ketentuan Kami patuh pada hukum yang berlaku dan komitmen kontraktual Kami. Apabila berlaku, peraturan setempat dapat mensyaratkan Kami untuk memperlakukan sebagian atau semua Data Lain sebagai “data pribadi” berdasarkan hukum perlindungan data yang berlaku. Dalam hal tersebut, Kami akan memroses Data Lain hanya untuk tujuan yang sama dengan Data Pribadi berdasarkan Kebijakan Privasi ini;
(tujuan pemrosesan data yang disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini disebut sebagai “Tujuan Pemrosesan Data”)
Kami dapat, dari waktu ke waktu, menunjuk prosesor dan/atau sub-prosesor Data (termasuk namun tidak terbatas kepada Afiliasi dan/atau mitra Kami) untuk dapat melakukan bagian-bagian tertentu dari pengumpulan, pemrosesan, dan penyimpanan Data sesuai dengan Tujuan Pemrosesan Data.
4. BAGAIMANA KAMI MENGUNGKAPKAN DATA
Sahabatmu tidak menjual maupun menyewakan Data Pribadi kepada pihak pemasaran atau pihak ketiga yang tidak terafiliasi. Kami membagikan Data Pribadi Anda dengan pihak ketiga yang terpercaya, termasuk:
- Afiliasi. Kami membagikan Data dengan entitas-entitas di seluruh dunia yang mengendalikan Kami, dikendalikan oleh Kami, atau berada di bawah kendali yang sama dengan Kami (“Afiliasi”), untuk menyediakan Layanan Kami. Sahabatmu, Inc. merupakan pihak yang bertanggung jawab untuk manajemen dan penggunaan Data secara keseluruhan oleh pihak-pihak yang terafiliasi ini;
- Penyedia Jasa. Kami membagikan Data dengan penyedia jasa yang membantu Kami menyediakan Layanan (“Penyedia Jasa”). Penyedia jasa membantu Kami dalam hal-hal seperti pemrosesan pembayaran (misalnya, bank, biro kredit, penyedia metode pembayaran), hosting situs, analisis data, teknologi informasi dan infrastruktur yang terkait, layanan pelanggan, pengiriman e-mail, Atlas, dan audit;
- Pengguna Kami. Kami membagikan Data dengan Pengguna (seperti pedagang dan penyedia aplikasi) sebagaimana diperlukan untuk memproses pembayaran atau menyediakan Layanan. Sebagai contoh, Kami membagikan Data dengan Pengguna-Pengguna mengenai pembelian-pembelian yang dilakukan oleh Pelanggan mereka melalui layanan pemrosesan pembayaran Sahabatmu;
- Pihak Ketiga Yang Memiliki Kewenangan. Kami membagikan Data dengan pihak yang secara langsung diberikan kewenangan oleh Pengguna untuk menerima Data, seperti ketika Pengguna mengotorisasi suatu penyedia aplikasi pihak ketiga untuk mengakses akun Sahabatmu milik Pengguna. Penggunaan Data oleh pihak ketiga yang memiliki kewenangan tunduk pada kebijakan privasi pihak ketiga tersebut;
- Pihak Ketiga. Kami akan membagikan Data dengan pihak ketiga (apabila perlu diketahui) dalam hal reorganisasi, penggabungan, penjualan, usaha patungan, pengalihan, transfer atau pelepasan lain atau semua atau segala bagian dari usaha, aset atau saham Kami (termasuk sehubungan dengan proses kepailitan atau serupa); dan
- Untuk Tujuan Keamanan, Hukum, dan Penegakan Hukum. Kami menggunakan dan mengungkapkan Data yang menurut Kami diperlukan: (i) berdasarkan hukum yang berlaku atau aturan metode pembayaran; (ii) untuk melaksanakan syarat dan ketentuan Kami; (iii) untuk melindungi hak, privasi, keamanan atau properti Kami dan/atau afiliasi Kami, Anda, atau lainnya; dan (iv) untuk merespon permintaan dari pengadilan, pejabat penegak hukum, pejabat pembuat peraturan dan segala otoritas publik dan pemerintahan lainnya, yang dapat mencakup otoritas di luar negara tempat Anda tinggal.
Apabila anda hendak menggunakan layanan-layanan yang disediakan oleh Afiliasi Kami baik dalam yurisdiksi yang sama atau berbeda, maka Kami akan membagi Data Anda kepada Afiliasi tersebut, dan Afiliasi tersebut akan menyimpan dan memroses dokumen, informasi dan/atau data tersebut untuk menyediakan Layanan yang Anda minta dan sesuai dengan segala syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi dari Afiliasi tersebut. Harap dicatat bahwa pada saat Data Anda diterima (dikumpulkan) oleh Afiliasi Kami, penggunaan dan pemrosesan Data Anda adalah untuk tujuan sebagaimana disebutkan pada perjanjian Anda dengan Afiliasi tersebut, atau kebijakan privasi atau dokumen serupa dari Afiliasi tersebut yang telah atau akan dikomunikasikan kepada Anda.
Anda dengan ini memahami dan menerima bahwa beberapa Afiliasi dan/atau Penyedia Jasa yang menerima pengungkapan Data Anda dari Kami untuk Tujuan Pemrosesan Data mungkin dianggap sebagai pengendali data pribadi berdasarkan peraturan perundang-undangan berlaku untuk pemrosesan data terkait (termasuk namun tidak terbatas mitra perbankan, penyedia kanal pembayaran, dan/atau layanan verifikasi identitas. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini dan melanjutkan penggunaan Layanan, Anda dianggap telah menyetujui segala syarat dan ketentuan dari Afiliasi dan/atau mitra tersebut sehubungan dengan pemrosesan Data Anda untuk tujuan-tujuan yang tujuannya ditentukan oleh Afiliasi dan/atau mitra terkait.
5. KEAMANAN
Kami menyimpan semua data pelanggan dalam Database yang terenkripsi. Sistem sensitif dengan akses fisik dan logis terisolasi dan hak akses hanya terbatas untuk personil yang berwenang. Kami membatasi akses ke data berdasarkan fungsi pekerjaan.
Kami menggunakan upaya-upaya organisasional, teknis dan administratif yang wajar untuk melindungi Data Pribadi dalam organisasi Kami. Sayangnya, tidak ada sistem transmisi atau penyimpanan yang dapat dijamin 100% aman. Apabila Anda memiliki alasan untuk menduga bahwa interaksi Anda dengan Kami tidak lagi aman (sebagai contoh, jika Anda merasa bahwa keamanan akun Anda terancam), mohon segera berhenti menggunakan Layanan Kami dan menghubungi Kami.
6. PILIHAN DAN AKSES
Anda memiliki pilihan-pilihan mengenai penggunaan dan pengungkapan Data Pribadi Anda oleh Kami:
- Bagaimana Anda dapat mengakses atau mengubah Data Pribadi Anda. Apabila Anda ingin memeriksa, memperbaiki, memperbaharui, atau menghapus Data Pribadi yang sebelumnya Anda ungkapkan kepada Kami, Anda dapat melakukannya dengan mengakses akun Sahabatmu Anda atau dengan menghubungi Kami. Harap dicatat bahwa apabila Anda meminta Kami menghapus Data Pribadi yang telah Anda ungkapkan kepada Kami sebelumnya, maka hal ini dapat mempengaruhi kemampuan Kami dalam menyediakan sebagian maupun seluruh Layanan kepada Anda.
Dalam mengirimkan email permintaan Anda kepada Kami, mohon sebutkan dengan jelas dalam email tersebut Data Pribadi apa yang Anda ingin ubah. Untuk perlindungan Anda, Kami hanya dapat melaksanakan permintaan sehubungan Data Pribadi yang terasosiasi dengan alamat email yang Anda pakai untuk mengirimkan permintaan Anda kepada Kami, dan Kami mungkin perlu memverifikasi identitas Anda sebelum melaksanakan permintaan Anda. Kami akan berusaha mematuhi permintaan Anda segera setelah dapat dilaksanakan.
7. JANGKA WAKTU PENYIMPANAN
Kami akan menyimpan Data Pribadi selama jangka waktu yang diperlukan untuk memenuhi Tujuan Pemrosesan Data kecuali suatu jangka waktu lebih lama disyaratkan atau diperbolehkan berdasarkan peraturan perundang-undangan (selama 5 (lima) tahun berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku), atau saat Anda mengirimkan permohonan tertulis kepada Kami untuk menghapus dan memusnahkan Data Anda. Kami dapat memusnahkan Data anda dengan cara penghapusan, pemusnahan, sanitasi, atau penimpaan (dengan tunduk kepada batasan-batasan dalam sistem Kami) yang akan ditindaklanjuti dengan pemberitahuan bahwa Kami telah memenuhi permohonan Anda. Permohonan tertulis Anda merupakan pengakuan Anda bahwa Anda tidak akan meminta pertanggungjawaban Kami apabila kami tidak dapat / tidak bisa memenuhi permintaan Layanan Anda. Dalam keadaan apapun, Kami menjamin bahwa Data yang kami musnahkan akan menyebabkan Data tersebut tidak dapat lagi digunakan untuk tujuan apapun.
Perlu diperhatikan bahwa Kami memiliki berbagai kewajiban untuk menyimpan Data yang Anda sediakan pada Kami, termasuk untuk menjamin bahwa transaksi-transaksi dapat diproses dengan pantas, diselesaikan, dikembalikan atau dibebankan kembali, untuk membantu mengidentifikasi penipuan dan untuk mematuhi peraturan perundang-undangan anti-pencucian uang dan peraturan perundang-undangan dan aturan lain yang berlaku kepada Kami dan kepada penyedia jasa keuangan Kami. Dengan demikian, dalam hal Anda menutup Akun Sahabatmu Anda, Kami akan menyimpan Data tertentu untuk memenuhi kewajiban Kami. Mungkin juga terdapat Data residual yang dapat tetap berada dalam database Kami dan catatan lain, yang tidak akan dihapus sejauh diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
8. PENGGUNA LAYANAN DI BAWAH UMUR
Layanan tidak ditujukan pada orang-orang yang berusia di bawah 13 (tiga belas) tahun, dan Kami meminta agar orang-orang tersebut tidak menyediakan Data Pribadi melalui Layanan-Layanan Kami.
10. YURISDIKSI DAN TRANSMISI DATA LINTAS BATAS NEGARA
Layanan Kami berbasis global dan Data (termasuk Data Pribadi) dapat disimpan dan diproses di negara di mana Kami beroperasi atau di mana Kami melibatkan penyedia layanan, dan Kami dapat mentransfer Data ke negara di luar negara Anda domisili anda, termasuk Amerika Serikat, Filipina dan Indonesia, yang mungkin memiliki aturan perlindungan data yang berbeda dengan aturan di negara asal Anda. Namun, Kami akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa segala pengiriman data tersebut mematuhi hukum perlindungan data yang berlaku dan bahwa Data Anda tetap dilindungi oleh standar yang disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini. Dalam keadaan tertentu, pengadilan, aparat penegak hukum, badan pengatur atau otoritas keamanan di negara-negara lain tersebut dapat berhak mengakses Data Pribadi Anda.
11. SAHABATMU SEBAGAI PEMROSES DATA
Kami dapat mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan Data Pribadi tertentu mengenai Pelanggan ketika bertindak selaku penyedia jasa Pengguna. Pengguna Kami bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hak privasi Pelanggan tetap dihormati, termasuk memastikan pengungkapan yang pantas mengenai pengumpulan dan penggunaan data Kami dan pihak ketiga. Sepanjang Kami bertindak sebagai pemroses data Pengguna, Kami akan memproses Data Pribadi sesuai dengan peraturan yang berlaku dan/atau ketentuan perjanjian Kami dengan Pengguna dan instruksi Pengguna yang sah.
12. PENGKINIAN TERHADAP KEBIJAKAN PRIVASI INI DAN PEMBERITAHUAN
Kami dapat melakukan perubahan pada Kebijakan Privasi ini. Keterangan mengenai “Terakhir diperbaharui” pada bagian atas Kebijakan Privasi ini menunjukkan kapan Kebijakan Privasi ini terakhir kali direvisi. Setiap perubahan akan mulai berlaku ketika Kami menerbitkan Kebijakan Privasi yang telah diubah pada situs SAHABATMU. Anda memiliki kewajiban untuk mengkaji Kebijakan Privasi ini secara berkala; Anda terikat kepada segala perubahan Kebijakan Privasi ini apabila Anda tetap menggunakan Layanan setelah perubahan tersebut pertama kali diumumkan.
Kami dapat memberikan Anda pengungkapan dan pemberitahuan mengenai Kebijakan Privasi atau Data Pribadi yang yang Kami kumpulkan dengan menerbitkannya pada situs web Kami atau, jika Anda adalah Pengguna, Kami akan menghubungi Anda melalaui Grub WhatsApp yang sudah kami daftarkan, alamat email Anda dan/atau melalui alamat surat menyurat yang tercantum dalam akun SAHABATMU Anda, atas diskresi Kami. Anda menyetujui bahwa pengungkapan dan pemberitahuan yang disampaikan secara elektronik memiliki dampak yang sama dengan jika Kami memberikan kepada Anda pengungkapan dalam bentuk fisik. Pengungkapan dan pemberitahuan sehubungan dengan Kebijakan Privasi ini atau Data Pribadi akan dianggap diterima oleh Anda dalam waktu 24 jam sejak diterbitkan pada situs Kami atau, dalam hal Pengguna, dikirim ke melalui salah satu cara yang tercantum dalam ayat ini.
Apabila terjadi insiden keamanan atau pelanggaran atas kerahasiaan data pribadi, Kami akan menanggapi insiden atau pelanggaran tersebut sesuai dengan kebijakan internal kami yang konsisten dengan peraturan perundang-undangan perlindungan data yang berlaku, yang dapat termasuk, antara lain, mengirimkan pemberitahuan tepat waktu kepada Anda dan/atau otoritas perlindungan data terkait.
13. PERSETUJUAN DAN PENGAKUAN
Dengan menerima Kebijakan Privasi, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan Anda menerima semua ketentuannya. Secara khusus, Anda paham dan setuju bahwa Kami mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, menyimpan, mentransfer,serta memproses Data Pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini. Dalam keadaan di mana Anda memberikan Kami Data Pribadi yang berkaitan dengan individu lain (seperti Data Pribadi yang berkaitan dengan pasangan Anda, anggota keluarga, teman, atau pihak lain), Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh persetujuan individu tersebut untuk, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk, pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pengungkapan, pemrosesan dan penghapusan Data Pribadi oleh Kami.
14. CARA MENGHUBUNGI KAMI
Jika Anda memiliki pertanyaan terkait kebijakan privasi, atau memiliki saran terkait privasi dan layanan SAHABATMU, hubungi kami melalui cs.support@sahabatmu.co.id